Ingin Anak Anda Tumbuh Tinggi? Ajak Mereka Lakukan Olahraga Ini

doktersehat-anak-olahraga-sepeda
Photo Credit: Markus Spiske

DokterSehat.Com– Orang tua kadang khawatir jika anaknya tidak mencapai tinggi badan ideal. Meskipun faktor genetik juga memengaruhi tinggi badan anak, namun faktor lingkungan dan gizi juga dapat menentukan tinggi badan anak. Selain itu, aktivitas fisik dan olahraga juga dapat menambah tinggi badan anak.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh seberapa panjang tulang-tulang pada tungkainya, terutama tulang paha dan tulang betis. Untuk mendapatkan tinggi badan yang optimal, tulang punggung juga harus tumbuh dengan baik dan seimbang. Beberapa olahraga yang dapat menambah tinggi badan di masa pertumbuhan anak antara lain:

1. Berenang
Berenang dapat membantu memperkuat tulang belakang tubuh dan membantu mencapai postur dan tinggi badan yang baik. Saat berenang, seluruh otot tubuh anak akan bergerak. Selain itu bergerak di dalam air membutuhkan usaha yang lebih berat dibanding bergerak di udara, ini berarti dada dan tubuh bagian atas akan secara konstan melakukan peregangan dan kontraksi yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas.

2. Bersepeda
Saat bersepeda, tubuh bagian bawah anak akan bekerja maksimal sehingga meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha yang dapat merangsang pertumbuhan. Bersepeda juga membuat paru-paru bekerja keras memasok darah bersih ke seluruh bagian tubuh. Hal ini dapat membantu memperkuat tubuh bagian atas dan membantu pertumbuhan.

3. Basket

Permainan basket membuat Anda banyak melakukan lompatan dan berlari. Saat tubuh Anda berlari dan melompat, lempeng pertumbuhan Anda akan mengalami guncangan sehingga banyak aliran darah yang masuk ke dalam lempeng tersebut yang dapat membantu merangsang pertumbuhan hingga mencapai tinggi maksimal.

4. Sepakbola
Olahraga satu ini banyak digemari anak-anak hingga dewasa. Sepakbola membutuhkan banyak gerakan berlari yang dapat menambah tinggi badan. Saat berlari, Anda meregangkan otot lutut dan paha yang membantu mendambah tinggi badan.

5. Lompat tali
Lompat tali merupakan olahraga yang dipercaya dapat menambah tinggi badan. Melompat emamng dapat membantu tubuh untuk meregang dan berkontraksi sehingga membantu meninggikan badan.

6. Pull up
Pull up merupakan salah satu permainan yang banyak digemari anak-anak. Bergelantung dapat membantu meluruskan dan memanjangkan tulang belakang. Lakukan pull up selama 10 kali selama 10 menit per hari untuk membantu menambah tinggi badannya.