Inggris Punya Menteri Kesepian, Penduduknya Galau?

doktersehat-patah-hati-cinta-sedih
pic credit: emran

DokterSehat.Com– Inggris telah menunjuk seseorang menjadi Menteri Kesepian, untuk menghadapi apa yang Perdana Menteri Theresa May sebut “realitas hidup modern yang menyedihkan” bagi banyak orang.

Tahun lalu, sebuah komisi di Inggris menemukan bahwa hampir sembilan juta orang di negeri yang terkenal dengan jam raksasanya ini sering atau selalu merasakan kesepian, sebuah kondisi yang dapat membahayakan kesehatan.

Kesepian sendiri yang berarti keadaan emosi dan kognitif yang tidak bahagia yang diakibatkan oleh hasrat akan hubungan akrab tetapi tidak dapat mencapainya, seperti dikutip dari Wikipedia.

“Saya ingin menghadapi tantangan ini bagi masyarakat kita dan bagi kita semua untuk mengambil tindakan untuk mengatasi kesepian yang dialami oleh orangtua, oleh pekerja, oleh orang-orang yang telah kehilangan orang yang dicintai, orang-orang yang tidak memiliki seseorang untuk diajak bicara atau berbagi pemikiran dan pengalaman mereka, ” kata May, sebelum menunjuk menteri Tracey Crouch sebagai Menteri Kesepian.

Dokter telah lama memperingatkan bahwa isolasi sosial adalah epidemi yang berkembang yang dapat memiliki konsekuensi fisik, mental dan emosional. Ini dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker dan lainnya, menurut para peneliti.

“Ini terbukti lebih buruk bagi kesehatan daripada merokok 15 batang sehari,” Mark Robinson mengungkapkan, kepala Age UK, nirlaba terbesar Inggris yang bekerja dengan orangtua, seperti yang dikabarkan oleh time.com pada Kamis, 18 Januari 2018.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, mengisolasi diri atau kesepian dapat berakibat pada kesehatan fisik, mental dan emosial, yang kemudian dapat mengganggu kesehatan seseorang. Hal ini bisa dikaitkan dengan depresi atai kegalauan, buntut dari kesepian.

Depresi sendiri adalah istilah klinis yang digunakan untuk memberi label pada sekelompok perilaku dan pengalaman internal yang terkait dengan suasana hati yang tertekan. Ini juga merupakan diagnosis klinis.

Seperti contoh nyata yang menimpa artis porno bernama Olivia Nova, yang ditemukan tewas di sebuah rumah di Las Vegas awal Januari lalu setelah mengatakan bahwa dia merasa kesepian saat perayaan Natal 2017 lalu.

Menurut penelitian pemerintahannya, sekitar 200.000 lansia di negara yang dikenal sebutan The Black Country ini belum pernah melakukan percakapan dengan teman atau kerabatnya dalam waktu lebih dari sebulan.

Komisi Jo Cox on Loneliness, yang didirikan oleh anggota parlemen Inggris, Jo Cox sebelum dia dibunuh pada tahun 2016, telah meminta pemerintah untuk menunjuk seorang menteri untuk menjadi ujung tombak kebijakan baru.