Ingat, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Menjenguk Orang di Rumah Sakit!

doktersehat-sakit-infus-tangan
Photo Credit: Attila Malarik

DokterSehat.Com– Meskipun dipenuhi dengan tenaga medis dan obat-obatan, dalam realitanya rumah sakit adalah salah satu tempat dimana kita bisa menemukan banyak kuman atau bibit penyakit. Karena alasan inilah banyak pihak rumah sakit yang melarang datangnya bayi atau anak-anak untuk menjenguk seseorang yang sedang dirawat di dalamnya. Selain itu, ada baiknya kita juga tidak melakukan hal-hal ini saat menjenguk orang yang sedang dirawat di rumah sakit.

Menjenguk justru saat kita sendiri sdang sakit
Meskipun senang karena dijenguk, orang yang sedang dirawat di rumah sakit sedang dalam kondisi daya tahan tubuh yang rendah. Bisa jadi mereka justru tertular penyakit yang kita bawa dan membuatnya tidak kunjung sembuh.

Membawa bingkisan
Meskipun ada rumah sakit yang melarang pengunjung untuk membawa bingkisan berupa buah, makanan, atau karangan bunga, tetap saja budaya membawa bingkisan bagi orang sakit masih dijaga oleh masyarakat Indonesia. Yang menjadi masalah adalah, kadangkala bunga atau buah yang kita bawa ini memiliki spora jamur yang bisa membahayakan orang yang sedang dirawat di rumah sakit. Selain itu, membawakan makanan seperti roti bisa merusak diet yang diperuntukkan bagi pasien. Padahal, bisa jadi mereka sedang dilarang untuk mengkonsumsi makanan tertentu agar bisa cepat sembuh.

Membawakan bantal atau selimut dari rumah
Banyak pasien yang mengaku kurang nyaman dengan fasilitas rumah sakit sehingga meminta untuk dibawakan bantal atau selimut. Sayangnya, barang-barang ini berpotensi akan terkontaminasi kuman dari rumah sakit dan jika dibawa pulang nantinya, seluruh penghuni rumah menjadi berpotensi untuk terkena penyakit.

Mengkonsumsi makanan milik pasien
Sebagian orang, khususnya anak-anak justru makan makanan yang disediakan bagi pasien. Padahal, makanan ini sangatlah penting bagi kondisi kesehatan pasien mengingat nutrisinya sudah dihitung oleh para tenaga medis demi mendukung kesembuhannya.

Tidak mencuci tangan
Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun atau cairan disinfektan yang disediakan depan kamar rumah sakit sebelum masuk dan setelah keluar kamar pasien demi membunuh bakteri yang bisa memicu datangnya penyakit.

Terlalu lama menjenguknya
Orang yang sedang dirawat di rumah sakit juga sedang membutuhkan waktu lebih lama untuk beristirahat sehingga bisa jadi kunjungan kita justru mengganggu waktu istirahatnya tersebut.