Terbit: 16 April 2018 | Diperbarui: 24 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Jumlah penderita diabetes di Indonesia cenderung meningkat tahun demi tahun. Seringkali, pemicu dari masalah kesehatan ini adalah pola makan yang tidak sehat. Hal ini berarti, jika kita tidak ingin terkena penyakit mematikan ini, mau tidak mau kita harus melakukan perubahan pola makan menjadi lebih baik.

Turunkan Risiko Diabetes Dengan Menerapkan Pola Makan Ini

Dilansir dari Express, berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya diabetes.

  1. Menurunkan asupan lemak

Meskipun kerap dianggap sebagai pemicu berbagai masalah kesehatan, lemak sebenarnya masih dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja, konsumsi lemak memang sebaiknya kita batasi agar tidak terlalu banyak. Charity Diabetes UK menyarankan kita untuk menurunkan asupan lemak jenuh yang bisa didapatkan dari daging merah, daging olahan, atau makanan yang diolah dengan minyak kelapa sawit seperti gorengan.

  1. Konsumsi 5 buah dan sayur setiap hari

Diabetes UK menyebut sayur dan buah sebagai makanan yang bisa mencegah datangnya diabetes. Hal ini disebabkan oleh banyaknya vitamin dan serat dalam makanan ini bisa membuat kita kenyang lebih lama sehingga tidak mudah tergoda untuk mengonsumsi camilan tidak sehat. Konsumsilah 5 porsi buah dan sayuran setiap hari demi mendapatkan manfaatnya.

  1. Perbanyak asupan kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan serat, tidak berpengaruh besar pada glukosa darah, dan mampu membuat kadar kolesterol dalam tubuh lebih terkendali.

  1. Banyak minum air putih

Konsumsilah 8 hingga 10 gelas air putih setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan berbagai sistem yang ada di dalamnya bisa berjalan dengan lancar. Hal ini ternyata bisa berpengaruh besar bagi menurunnya risiko diabetes.

  1. Jangan berlebihan mengonsumsi karbohidrat

Konsumsi karbohidrat berlebihan bisa berdampak buruk pada glukosa darah. Karena alasan inilah kita harus membatasi asupan karbohidrat setiap hari.

Meski terkesan merepotkan, asalkan kita terbiasa mengatur pola makan ini lama-kelamaan pasti akan terasa lebih mudah dan kita pun tidak akan lagi berisiko terkena diabetes.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi