Terbit: 23 Oktober 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Meskipun dikenal luas bisa memberikan sensasi segar saat diminum, apalagi saat suhu udara sedang sangat panas, dalam realitanya mengonsumsi air dingin bisa membahayakan kesehatan. Bahkan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman dingin bisa jadi menyebabkan peningkatan risiko diabetes dan obesitas. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Sering Minum Air Dingin Sebabkan Diabetes?

Dilansir dari Daily Mail, kebiasaan mengonsumsi air dingin atau air es ternyata berpengaruh besar pada indera pengecap atau lidah kita, khususnya pada sensor yang memiliki fungsi untuk mengecap rasa manis. Sensor pengecap rasa manis ini mengalami penurunan fungsi dengan signifikan setelah terpapar minuman dingin.

Jika saat mengonsumsi minuman dingin juga terdapat makanan atau camilan dengan rasa yang manis, maka kita pun tidak akan mampu merasakan makanan manis dengan baik sehingga berisiko akan terus mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Selain itu, terkadang minuman manis yang diberi tambahan es juga menjadi tidak terasa manis sehingga kita bisa dengan santai meminumnya dalam jumlah yang banyak. Hal ini akhirnya membuat kita kita mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan.

Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan di University of Arkansas, Amerika Serikat. Dalam penelitian ini, para partisipan diminta untuk mengonsumsi air dengan suhu yang berbeda-beda. Setelahnya, mereka diminta untuk mengonsumsi makanan dengan rasa yang berbeda seperti cokelat manis dan keju cheddar. Hasilnya adalah, partisipan yang mengonsumsi air dingin cenderung mengalami penurunan sensitivitas dalam mengecap rasa manis dengan signifikan.

“Jika kita sering minum air es atau minuman bersoda, maka sensitivas lidah pada makanan manis akan menurun. Kita pun jadi lebih banyak mengonsumsi makanan manis,” tulis peneliti.

Sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi gula dengan berlebihan berpengaruh besar pada meningkatnya risiko diabetes. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar gula di dalam tubuh yang akhirnya membuat pankreas bekerja terlalu keras untuk memproduksi insulin. Jika sampai hal ini terjadi, dikhawatirkan pankreas mengalami penurunan fungsi dan akhirnya menyebabkan resistensi insulin, penyebab utama dari diabetes.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita minum air dengan suhu biasa saja, bukannya dengan suhu dingin.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi