Terbit: 16 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Penderita diabetes umumnya sudah memahami bahwa asupan makanannya harus diatur. Pengaturan asupan makanan pada penderita diabetes bertujuan untuk menjaga kadar gula darah tubuh. Salah satu “musuh” bagi penderita diabetes adalah berbagai jenis bahan makanan yang memiliki banyak kandungan gula atau makanan yang manis seperti sirup, cake dengan gula, atau cokelat. Umumnya jenis bahan makanan tersebut dapat menyebabkan kadar gula darah tubuh meningkat. Namun ternyata ada beberapa jenis bahan makanan manis, khususnya cokelat yang tetap boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Ini Jenis Cokelat yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Cokelat memiliki banyak jenis yang dipengaruhi oleh perbandingan kakao yang ada pada masing-masing jenis cokelat. Beberapa jenis cokelat yang ada adalah dark chocolate, white chocolate dan milk chocolate. Seiring dengan gencarnya berbagai inovasi cokelat, kini ketiga jenis cokelat tersebut umumnya sudah mudah kita peroleh di banyak tempat penjualan. Dengan banyaknya jenis dan semakin mudahnya kita memperoleh cokelat, penderita diabetes kini dapat memilih cokelat mana yang cocok untuk kondisi kesehatannya.

Menurut pakar kesehatan diabetes dari Inggris, Amanda Vezey, penderita diabetes boleh memakan cokelat jenis dark chocolate. Cokelat jenis dark chocolate ini boleh dimakan penderita diabetes dalam jumlah secukupnya saja. Selain itu penderita diabetes tetap harus mengimbangi asupannya dengan memerhatikan asupan diet. Salah satu asupan diet yang penting diperhatikan adalah bahwa asupan gula juga dapat masuk ke tubuh penderita diabetes dalam bentuk karbohidrat kompleks seperti roti.

Pada penderita diabetes, asupan keduanya, baik cokelat ataupun karbohidrat harus diperhitungkan dengan tepat. Dengan perhitungan yang tepat maka akan dapat ditentukan berapa banyak jumlah atau porsi cokelat yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Itu dia jenis cokelat yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meskipun boleh mengonsumsi cokelat, penderita diabetes tidak boleh lupa bahwa bukan hanya jenis yang penting diperhatikan namun juga porsinya ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi