Terbit: 24 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Kerupuk adalah hidangan pendamping makanan berat yang umumnya digemari masyarakat Indonesia. Namun dikarenakan kerupuk tinggi kalori, penderita diabetes umumnya menghindari untuk mengonsumsinya. Lantas, apakah kerupuk aman dikonsumsi oleh penderita diabetes? Simak jawaban lengkapnya di bawah ini.

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Kerupuk? Cek Faktanya

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Kerupuk?

Penderita diabetes atau diabetesi harus memilih makanan demi mencegah munculnya komplikasi yang berbahaya. Memilih makanan yang tidak tepat dikhawatirkan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Peningkatan gula darah dapat merusak berbagai bagian tubuh yang akhirnya berimbas pada komplikasi seperti amputasi, kerusakan organ, hingga kematian.

Salah satu pendamping makanan yang sering ditemukan dalam makanan utama adalah kerupuk. Banyak orang yang masih menganggap kerupuk sebagai makanan ringan yang tidak mengenyangkan sehingga dianggap cukup aman untuk dikonsumsi.

Padahal, makanan yang memiliki rasa gurih ini termasuk dalam makanan yang memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Kalori berasal dari tepung tapioka yang merupakan bahan utama dari kerupuk. Tepung tapioka mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat dicerna dan dipecah menjadi gula yang kemudian beredar dalam aliran darah.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Nasi Goreng? Cek Faktanya

Jika penderita diabetes mengonsumsi kerupuk berlebihan, karbohidrat yang dipecah dalam pencernaan akan meningkat pula. Otomatis hal ini akan meningkatkan kadar gula darah dan memperparah kondisi.

Sementara pada orang tanpa diabetes juga harus berhati-hati, karena makan kerupuk terlalu banyak dan sering tidak menutup kemungkinan dapat meningkatkan risiko diabetes.

Selain tepung, kerupuk tertentu mengandung garam (natrium) yang tinggi. Terlalu banyak asupan garam diketahui dapat memperburuk kondisi diabetesi. Dalam pengolahannya, kerupuk juga bisa mengandung lemak jenuh sehingga dapat meningkatkan komplikasi.

Meski begitu, kerupuk boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, jangan mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Pilihlah kerupuk yang rendah lemak dan garam agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Baca Juga: Tips Membuat Puding yang Sehat untuk Penderita Diabetes

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

Selain kerupuk, penderita diabetes juga harus menghindari beberapa jenis makanan dan minuman tertentu yang bisa memicu kenaikan kadar gula darah dengan cepat. Biasanya, makanan ini tinggi kandungan gula, lemak, dan garam.

Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari diabetesi, antara lain:

  • Minuman kemasan. Minuman jenis ini sebaiknya dihindari karena umumnya mengandung gula yang tinggi.
  • Roti putih. Mengonsumsi roti putih berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Roti putih memiliki indeks glikemik (IG) tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.
  • Gorengan. Makanan yang digoreng mengandung lemak jahat yang dapat memengaruhi kadar gula darah, resistensi insulin, dan sindrom metabolik, kondisi yang sangat berbahaya bagi penderita diabetes.
  • Buah kering. Meskipun terbuat dari buah, faktanya buah kering memiliki kadar gula yang tinggi sehingga bisa membahayakan diabetesi.
  • Kopi.Kopi mengandung kafein yang dapat mengganggu sensitivitas insulin yang berdampak buruk bagi penderita diabetes. Terlebih bila kopi dengan tambahan gula.

Menghindari makanan yang meningkatkan kadar gula darah dan mendorong resistensi insulin bisa membantu tubuh tetap sehat dan mengurangi risiko komplikasi diabetes di masa depan.

Pada akhirnya, terdapat banyak alasan mengapa kerupuk bisa berbahaya bagi penderita diabetes. Selain tepung, cara pengolahannya menggunakan minyak goreng juga berperan.

Keberadaan kalori dan lemak yang berasal dari minyak goreng inilah yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan penderita diabetes.

 

  1. Anonim. 2021. Kerupuk Sehat Nggak Sih?. http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1261-kerupuk-sehat-nggak-sih. (Diakses pada 23 November 2022)
  2. Anonim. Kerupuk Putih. https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/kerupuk-putih (Diakses pada 23 November 2022)
  3. Anonim. 2029. Fat and Calories. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/4182-fat-and-calories. (Diakses pada 23 November 2022)
  4. Brazier, Yvette. 2020. What you need to know about carbs. https://www.medicalnewstoday.com/articles/161547. (Diakses pada 23 November 2022)
  5. Khan, Nizam. 2020. 11 Foods and Drinks to Avoid with Diabetes. https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-avoid-with-diabetes. (Diakses pada 23 November 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi