Terbit: 1 June 2018 | Diperbarui: 20 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat hamil, tubuh ibu mengalami peningkatan hormon yang menyebabkan jerawat. Terkadang jerawat ini bisa sangat mengganggu kepercayaan diri bagi ibu hamil. Namun, untuk mengatasinya ibu hamil tidak bisa menggunakan produk obat jerawat sembarangan karena dapat berbahaya bagi ibu dan janin.

Atasi Jerawat saat Hamil dengan Cara Ini

Cara aman mengatasi jerawat saat hamil

Saat hamil, wajar jika kulit ibu mengalami perubahan seperti munculnya jerawat. Sayangnya, khusus bagi ibu hamil tidak diperkenankan menggunakan sembarang obat karena dapat menyebabkan cacat lahir serius pada bayi.

Beberapa zat dalam obat jerawat yang berbahaya bagi bayi di antaranya asam salisilat, tetracyclines, retinoid dan isotretinoin. Jika ingin menggunakan obat jerawat, pastikan obat-obatan Anda tidak mengandung bahan-bahan tersebut.

Bagi ibu hamil yang ingin mengatasi jerawat, dapat mencoba cara aman mengatasi jerawat seperti berikut ini:

1. Rajin membersihkan wajah

Jangan lupa membersihkan wajah setiap hari untuk menghindari jerawat yang semakin parah. Saat membersihkan wajah, jangan menggunakan scrub dan hindari menggosok wajah terlalu keras agar tidak meningkatkan peradangan.

2. Jangan memencet jerawat

Jerawat yang muncul di wajah kadang membuat ibu ingin memencetnya. Namun sebaiknya tahan jari Anda untuk melakukannya karena jerawat yang dipencet akan menyebabkan luka dan bekas jerawat yang lebih susah dihhilangkan.

3. Gunakan perawatan alami

Anda bisa melakukan perawatan jerawat berbahan alami seperti menggunakan madu atau perasan air lemon untuk masker. Selain itu Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa sebagai pelembap sebelum tidur untuk menenangkan kulit dan membantu meredakan peradangan jerawat.

4. Konsultasi ke dokter kulit

Selain cara alami di atas, Anda juga dapat memeriksakan kondisi jerawat Anda pada dokter kulit. Sampaikan pada dokter kulit bahwa Anda sedang hamil agar obat yang diberikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi