Terbit: 7 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComРBelakangan ini media sosial dihebohkan dengan komentar seorang gadis berstatus mahasiswa yang menyebut berenang bisa membuat hamil meskipun seorang wanita tidak berhubungan intim dengan pria. Menurut sang gadis, Ia pernah mendengar penjelasan dari dosennya yang menyebut sperma yang keluar dari tubuh pria saat berenang bisa memasuki pori-pori kulit wanita dan akhirnya menyebabkan kehamilan, apalagi jika wanita ini sedang dalam masa subur. Apakah pendapatnya ini sesuai dengan fakta medis?

Viral, Komentar Seorang Gadis yang Menganggap Berenang Bisa Membuat Hamil

Pakar kesehatan menyebut komentar sang gadis sebagai sesuatu yang tidak benar. Proses pembuahan yang menyebabkan kehamilan hanya akan terjadi saat sperma bertemu dengan sel telur yang ada dalam organ reproduksi wanita dan proses ini sama sekali tidak melibatkan pori-pori kulit.

Sperma juga tidak mampu hidup dalam waktu yang lama andai menempel pada kulit manusia, tepatnya hanya beberapa menit saja, apalagi jika kulit berada dalam kondisi kering. Jika air mani yang menjadi pelindung sperma ini mengering, maka sperma juga akan ikut mati sehingga tidak akan mampu menyebabkan kehamilan. Hanya saja, jika permukaan kulit cukup basah, hangat, dan lembab, sel sperma mampu bertahan hidup setidaknya selama 20 menit.

Jika air mani yang berisi sperma ini menempel di kulit dekat dengan organ vital wanita, kemungkinan untuk menyebabkan kehamilan juga sangat kecil karena air mani ini tidak akan masuk dengan mudah begitu saja. Fakta ini diungkapkan oleh dr. David Delvin yang berasal dari International Society for Sexual Medicine.

Melihat adanya fakta ini, kaum hawa tidak perlu khawatir untuk berenang di kolam renang umum yang dipakai oleh banyak orang termasuk pria. Memang, air kolam renang ini bisa kotor karena dipakai oleh banyak orang, namun, mereka tidak akan mendapatkan kehamilan setelah berenang, kok.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi