Terbit: 4 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saus tomat termasuk dalam hidangan pendamping yang disukai oleh banyak orang. Saus ini sangat nikmat jika dicampur dengan makanan lainnya. Yang tidak diduga adalah, mengonsumsi saus tomat ternyata bisa membuat kita mencegah datangnya kanker lambung dengan efektif.

Saus Tomat Mampu Cegah Kanker Lambung?

Sebagai informasi, kanker lambung sangatlah berbahaya dan bisa menyerang siapa saja, meskipun kebanyakan penderita dari penyakit ini adalah yang berusia lebih dari 55 tahun.

Dalam penelitian yang dilakukan di Universidad Politecnica de Valencia, Spanyol, disebutkan bahwa di dalam tomat terdapat kandungan lycopene yang bisa memberikan manfaat kesehatan luar biasa bagi tubuh.

Sebagai informasi, lycopene termasuk dalam senyawa antioksidan yang mampu membuat jumlah bakteri sehat di dalam usus. Hal ini membantu menyehatkan organ pencernaan tubuh.

Yang menarik adalah, fungsi lycopene justru meningkat jika kita mengonsumsinya dari saus tomat alih-alih jika mengonsumsinya dari buah tomat. Hal ini disebabkan oleh tomat yang sudah dimasak cenderung lebih mudah diserap nutrisinya oleh tubuh.

Dengan memiliki kadar bakteri baik yang jauh lebih tinggi di usus, maka risiko untuk terkena kanker lambung bisa ditekan.

Dalam penelitian lainnya yang melibatkan 7.000 orang di Inggris, disebutkan bahwa kandungan tomat mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah datangnya penyakit berbahaya.

Meskipun begitu, dalam realitanya saus tomat, khususnya yang berupa saus botolan cenderung memiliki kandungan garam atau gula yang tinggi. Hal ini berarti, ada baiknya kita membuat saus tomat sendiri yang lebih aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, pastikan untuk menurunkan asupan garam dan menghindari asap rokok demi mencegah datangnya kanker dengan lebih baik.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi