Terbit: 2 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada sebuah kepercayaan di tengah-tengah masyarakat yang menyebutkan bahwa mereka dengan masalah mata minus atau rabun jauh biasanya tidak diperkenankan untuk melahirkan secara normal karena bisa menyebabkan gangguan pada matanya, termasuk memicu kebutaan. Apakah hal ini benar adanya?

Melahirkan Secara Normal, Pemilik Mata Minus Bisa Mengalami Kebutaan?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hingga saat ini, belum ada batasan yang jelas tentang seberapa parah tingkat mata minus yang masih diperbolehkan untuk melahirkan dengan proses normal. Hanya saja, jika minus sudah mencapai angka 5, biasanya dokter akan merekomendasikan kelahiran dengan metode operasi caesar atau adanya bantuan lainnya demi mencegah komplikasi pada mata.

Mereka yang memiliki masalah mata minus namun angkanya masih di bawah 5 dianggap masih cukup aman untuk melahirkan dengan proses normal. Sebaliknya, kondisi minus di atas angka 5 disebut-sebut bisa meningkatkan risiko terkena ablasio retina, kondisi retina yang terlepas dan bisa menyebabkan kebutaan. Yang menjadi masalah adalah, masalah kesehatan ini bisa berlangsung permanen.

Mereka dengan kondisi mata minus memang sudah rentan mengalami masalah retina robek. Padahal, saat melahirkan dengan normal, ibu akan berusaha untuk mengejan berulang kali demi mendorong kelahiran bayi. Hal ini ternyata juga bisa memicu tekanan berlebihan pada mata dan akhirnya memicu retina robek.

Melihat adanya resiko kesehatan yang cukup fatal ini, ibu dengan masalah mata minus yang cukup parah memang sebaiknya tidak melakukan proses persalinan normal dan melakukan persalinan operasi caesar saja. Jika memang ibu sudah mengalami masalah rabun jauh, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum persalinan sehingga bisa membuat keputusan yang tepat demi memastikan bayi terlahir dengan kondisi sehat dan sang ibu juga berada dalam kondisi baik-baik saja setelah melakukannya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi