Terbit: 1 Oktober 2021 | Diperbarui: 10 Mei 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Tahukah Anda? Ternyata ada makanan yang beracun jika dimakan bersamaan. Misalnya kombinasi pisang dengan susu. Bahkan ahli kesehatan hingga ahli fisiologi menganggap kombinasi ini berbahaya, karena memicu kembung, sakit perut, lesu, kelelahan, hingga sulit membuang limbah tubuh. Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

12 Makanan yang Beracun jika Dimakan Bersamaan

Daftar Makanan yang Beracun jika Dimakan Bersamaan

Mencampurkan dua atau lebih jenis makanan dalam satu masakan atau olahan adalah hal yang lumrah bagi sebagian besar orang. Ini bertujuan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Namun, kombinasi makanan tertentu ternyata membuatnya menjadi beracun! Lantas kombinasi makanan apa saja yang yang beracun dan apa pengaruhnya bagi tubuh?

Untuk informasi selengkapnya, berikut makanan yang beracun jika dimakan bersamaan:

1. Makanan dan air/jus

Minum air atau jus dengan makanan adalah salah satu kombinasi makanan yang paling beracun. Air bersifat mengencerkan asam lambung dan mengurangi efektivitasnya dalam memecah protein, karbohidrat, dan lemak yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, sebaiknya minum air putih 10 menit sebelum makan. Tips ini akan mencegah untuk makan berlebihan atau menipiskan enzim di perut.

2. Yoghurt dengan buah

Yoghurt adalah olahan susu dengan banyak bakteri yang akan bekerja pada gula dalam buah-buahan. Selain menyebabkannya beracun, kombinasi makanan ini menyebabkan pilek dan alergi.

Untuk menghindari gangguan tersebut, gunakan yoghurt plain (tanpa rasa) dengan suhu kamar dan mencampurkan madu, kayu manis, atau kismis sebagai pengganti buah segar.

3. Pisang dengan susu

Milkshake pisang adalah minuman yang populer karena rasanya enak, segar, dan mengenyangkan. Namun, kombinasi ini juga dapat menyebabkan masalah pencernaan dan gangguan metabolisme.

Hal tersebut karena kandungan protein yang tinggi dalam susu dan memiliki pH 7 yang sulit dicerna secara bersamaan di dalam perut. Jika tetap ingin mengonsumsi milkshake, cobalah tambahkan sejumput bubuk pala atau kayu manis untuk merangsang sistem pencernaan.

4. Mentimun dengan tomat

Mencampurkan mentimun dengan tomat dalam masakan sudah biasa, karena cocok dalam hal rasa. Namun, keduanya merupakan makanan yang beracun jika dimakan bersamaan. Ini karena mentimun dengan tomat akan bekerja melawan satu sama lain di dalam pencernaan.

Tomat adalah sumber vitamin C yang baik bagi tubuh, tetapi mentimun mengandung enzim yang mengganggu penyerapan vitamin C. Oleh karenanya, makan mentimun secara bersamaan dengan tomat akan menghilangkan efek manfaat tomat bagi tubuh.

Tidak hanya itu, saluran pencernaan bahkan tidak menerima kombinasi makanan ini dengan baik.

5. Kacang dengan keju

Kombinasi keju dan kacang-kacangan dapat meningkatkan banyak risiko masalah kesehatan terkait pencernaan, termasuk gas dan kembung. Contoh kombinasi makanan ini adalah kue kacang keju.

Jika memiliki sistem pencernaan yang lemah, sebaiknya jangan mencampurkan kacang dengan keju. Sebagai gantinya, campurkan kacang dengan nasi, karena kombinasi ini saling melengkapi dan sangat baik bagi tubuh.

6. Pasta dengan Tomat

Pasta dan tomat adalah kombinasi makanan yang enak dan populer sebagai kuliner khas Italia. Namun, nyatanya campuran pasta dan saus tomat menyebabkan masalah perut akibat kurangnya pencernaan yang tepat.

Tomat mengandung sedikit asam yang dapat melemahkan enzim dalam pasta bertepung. Dengan demikian akan mencegah makanan dicerna dengan baik dan menyebabkan kelelahan setelah makan.

7. Daging dengan telur

Pernahkan Anda mencampurkan daging dan telur agar mendapatkan protein yang banyak bagi tubuh? Jika ya, cara ini justru dapat membuat tubuh overdosis protein karena sistem pencernaan manusia lebih bagus terhadap satu protein dalam satu waktu.

Mengombinasikan kedua makanan tersebut hanya akan membebani sistem pencernaan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Hal yang sama juga berlaku untuk makanan laut dengan daging.

8. Mint dengan minuman bersoda

Mencampurkan mint dengan minuman bersoda dianggap sebagai kombinasi yang benar-benar berbahaya. Ketika minum peppermint yang dikombinasikan dengan minuman bersoda, dalam perut akan membentuk senyawa beracun dan mematikan yang disebut sianida.

Namun, reaksi tersebut hanya akan terjadi jika peppermint dan minuman bersoda digabungkan dalam proporsi yang tepat.

9. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Mengonusmsi makanan dari campuran buah-buahan dan sayuran apa pun juga dapat menyebabkan sakit perut. Buah-buahan mengandung banyak gula, yang merupakan penyebab utama mengapa sayuran lama dicerna.

Hal tersebut karena keduanya adalah jenis makanan yang berbeda, yang membutuhkan waktu masing-masing untuk dicerna. Ini sebabnya dokter tidak pernah menganjurkan makan keduanya secara bersama-sama.

10. Karbohidrat dengan protein hewani

Campuran daging dan kentang menjadi salah satu makanan yang beracun jika dimakan bersamaan. Hal demikian karena makan karbohidrat dengan protein, keduanya akan menghambat pembusukan protein dan fermentasi karbohidrat. Ini menyebabkan gas, kembung, dan perut kembung.

Orang yang mengonsumsi makanan kombinasi ini selama bertahun-tahun mungkin telah mengembangkan kekebalan tubuh. Untuk menghindari gejala tersebut, lebih baik makan makanan pelengkap seperti kacang dan nasi yang merupakan kombinasi terbaik.

11. Burger dan kentang goreng

Terkadang makanan yang enak biasanya tidak sehat. Misalnya, burger yang terlalu matang dengan kadar lemak, pengawet, dan bahan kimia lain yang tinggi bisa membentuk zat jenis arang. Hal ini kemudian bergabung dengan gula dalam kentang goreng, sehingga menghasilkan sitokin yang dapat menyebabkan peradangan dan mempercepat proses penuaan.

12. Sereal dan susu

Mencampurkan sereal dan susu adalah hal yang sudah biasa sebagai sarapan bagi kebanyakan orang. Namun, keduanya mengandung karbohidrat yang cepat dicerna, ini membuat tubuh stres.

Hal demikian karena sereal dan susu dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang akan membuat tubuh lelah ketika akhirnya gula darah kembali turun. Kondisi ini membuat Anda menginginkan lebih banyak makan makanan cepat saji alias junk food.

Itulah daftar makanan yang beracun jika dimakan bersamaan. Jika selama ini mengonsumsi makanan kombinasi tersebut dan mengalami keluhan kesehatan, segera ubah cara makan Anda. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi tentang makanan yang cocok sesuai dengan kondisi tubuh ya, Teman Sehat!

 

  1. Choudhary, Tanya. 2019. 10 Dangerous Food Combinations To Avoid. https://www.stylecraze.com/articles/dangerous-food-combinations-to-avoid/ (Diakses pada 1 Oktober 2021)
  2. Joseph, Sheena. 2019. 11 Dangerous Food Combinations That You Should Avoid. https://www.beyondpinkworld.com/featurestories/health-wellness/dangerous-food-combinations-5785 (Diakses pada 1 Oktober 2021)
  3. Quartz. 2016. 9 harmful food combinations you should avoid. https://www.newtimes.co.rw/section/read/196857 (Diakses pada 1 Oktober 2021)
  4. Varma, Diksha. Tanpa Tahun. 13 Food Combinations Most People Don’t Know Are Dangerous. https://www.scoopwhoop.com/toxic-food-combinations/ (Diakses pada 1 Oktober 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi