Terbit: 25 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selain kopi, teh adalah minuman yang digemari oleh banyak orang. Teh hangat bahkan disebut-sebut bisa meredakan stress dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Karena alasan inilah banyak wanita haid yang memilih untuk mengkonsumsi teh hangat demi mengatasi badan yang tidak karuan. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, wanita haid justru sebaiknya menghindari minuman ini. Apa alasannya?

Jangan Minum Teh Saat Sedang Haid

Hal ini ternyata disebabkan oleh adanya kandungan kafein di dalam teh. Di dalam secangkir teh, kita bisa menemukan 26,1 miligram kafein yang bisa memberikan efek berupa meningkatnya tekanan darah dan denyut jantung. Alhasil, bukannya akan membuat badan menjadi lebih enakan, minum teh justru saat haid justru akan membuat ketegangan meningkat sehingga kita malah akan mudah cemas dan merasa tidak nyaman.

Dari berbagai jenis teh yang bisa kita konsumsi, teh hitam atau teh Hong Cha adalah yang paling tidak direkomendasikan saat haid karena memiliki kandungan kafein paling tinggi, yakni mencapai 40-60 mg per cangkirnya. Selain itu, teh hijau dan teh oolong yang dikenal sangat menyehatkan juga memiliki kandungan kafein cukup tinggi, yakni sekitar 30 hingga 40 mg.

Jika kita mengkonsumsi teh hijau saat haid, maka kita juga akan mengkonsumsi senyawa polifenol yang bisa mengikat zat besi sekaligus membuat tubuh tidak menyerap zat besi dengan maksimal. Efek samping ini ternyata bisa membuat wanita haid mengalami anemia. Selain itu, semua jenis teh juga memiliki kandungan asam tannat yang bisa memberikan efek yang sama.

Jika kita mengkonsumsi teh saat haid, dikhawatirkan kita akan lebih mudah terkena anemia, sakit kepala, mudah tersinggung, susah tidur, serta rasa cemas dan gugup berlebihan. Alih-alih minum teh, pakar kesehatan lebih merekomendasikan konsumsi air putih hangat yang lebih baik dalam membuat tubuh menjadi lebih nyaman.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi