Jangan Lakukan Ini Jika Tubuh Terasa Lelah di Akhir Pekan

Terbit: 25 February 2018 | Diperbarui: 7 June 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Cukup banyak orang yang merasa kelelahan di akhir pekan karena sangat sibuk saat hari kerja. Hal ini membuat mereka memilih untuk bersantai atau tiduran saja di akhir pekan. Agar tubuh bisa benar-benar pulih dan kembali bugar, ada baiknya memang kita beristirahat dan tidak memforsir tenaga saat akhir pekan. Selain itu, pastikan untuk tidak melakukan berbagai hal ini agar tubuh bisa lebih cepat mendapatkan kembali energinya.

Minum kopi
Meskipun memiliki rasa yang sangat nikmat dan bisa menambah semangat, dalam realitanya kopi bukanlah minuman yang ideal untuk dikonsumsi saat tubuh merasa lelah. Dengan mengkonsumsi kopi, maka otak akan dipaksa untuk tetap aktif meskipun kondisi tubuh sedang tidak fit. Hal ini akan membuat tubuh menjadi semakin lelah. Selain itu, karena tidak mudah mengantuk, maka kita pun tidak bisa benar-benar mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Mengkonsumsi junk food
Karena malas memasak atau mencari makanan, banyak orang yang memilih untuk memesan junk food di akhir pekan. Meskipun memang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi rasa lapar, kandungan lemak dan kalori yang sangat tinggi dari junk food sangatlah tidak baik bagi kesehatan dan justru membuat daya tahan tubuh semakin menurun.

Tetap asyik bermain ponsel
Karena tidak melakukan apapun, banyak orang yang akhirnya asyik bermain ponselnya sembari tiduran di akhir pekan. Meskipun nyaman untuk dilakukan, sebenarnya hal ini bisa membuat kita tidak benar-benar beristirahat dengan baik. Mata kita masih tetap harus terjaga untuk menatap layar ponsel. Selain itu, jari-jari kita juga tidak benar-benar beristirahat karena terus menggerakkan kursor di layar ponsel. Melakukan hal ini seharian justru akan membuat tubuh semakin lelah.

DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi