Dipegang Oleh Banyak Orang, Buku di Perpustakaan Bisa Menularkan Penyakit?

Terbit: 10 February 2018 | Diperbarui: 14 June 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bagi mereka yang masih menempuh pendidikan atau mereka yang memang suka meminjam buku untuk dijadikan bacaan, perpustakaan adalah tempat yang wajib untuk dikunjungi untuk mendapatkan buku-buku yang dibutuhkan. Hanya saja, belakangan ini ada anggapan bahwa buku yang ada di perpustakaan dikhawatirkan bisa menularkan bibit penyakit karena dipegang oleh terlalu banyak orang. Apakah anggapan ini sesuai secara fakta medis?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh dua orang professor yang ada di Belgia, disebutkan bahwa buku Fifty Shades of Grey yang ada di perpustakaan, salah satu buku romantis-erotis yang sedang digandrungi banyak orang sehingga kerap sekali dipinjam, ternyata mengandung virus herpes.

Fakta ini didapatkan setelah para professor ini mengambil 10 buku sebagai sampel yang didapatkan dari Perpustakaan Antwerp. Semua buku ini dicek kandungan bakteri, kotoran, dan racun di dalamnya. Hasilnya adalah, seluruh sampel buku tersebut memiliki kandungan kokain. Memang, dosis dari kokain tersebut sangatlah rendah sehingga tidak akan memberikan dampak apapun bagi kesehatan. Namun, jika setelah memegang buku-buku tersebut kita melakukan tes narkoba, maka tes ini tentu akan memberikan hasil positif sehingga kita tentu akan kerepotan dengan pihak berwajib.

Lantas, bagaimana dengan virus herpes yang ditemukan dalam buku Fifty Shades of Grey? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun cukup mengejutkan, kandungan virus dalam buku ini juga sangat minimal sehingga tidak akan menyebabkan kita tertular penyakit herpes.

Hanya saja, ada baiknya memang kita tidak sembarangan dalam meminjam atau memegang buku di perpustakaan. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun setelah melakukannya, ya?

DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi