Terbit: 5 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu jenis sayuran yang sering kita konsumsi adalah tomat. Tomat memiliki rasa yang khas dan tampilannya pun menarik.

Tomat Mengakibatkan Masalah pada Ginjal?

Selain itu, tingginya kandungan gizi di dalam buah tomat seperti vitamin, kalsium, magnesium, dan kalium juga bisa membuat tubuh menjadi semakin sehat.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa tomat berkhasiat menurunkan risiko hipertensi, sistem kardiovaskular semakin sehat, menyehatkan kulit dan mata, hingga mencegah  penyakit kanker. Karena alasan ini, banyak pakar kesehatan yang merekomendasikan konsumsi tomat secara rutin.

Hanya saja, di dalam tomat ternyata juga bisa ditemukan kandungan oksalat yang cukup tinggi. Yang menjadi masalah adalah jika oksalat tercampur dengan kalsium akan membuatnya menjadi endapan di dalam ginjal.

Jika hal tersebut terus terjadi dalam waktu yang lama, maka endapan ini akan berubah menjadi batu ginjal.  Karena itu, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi tomat secara berlebihan.

Selain bisa menyebabkan risiko gagal ginjal, makan tomat berlebihan ternyata juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan adanya kandungan karotenoid di dalam tomat yang jika dikonsumsi dengan berlebihan dapat memengaruhi sistem imun secara signifikan.

Lantas, sebenarnya seberapa banyak batasan makan tomat yang bisa kita konsumsi? Pakar kesehatan menyarankan  untuk membatasi asupan tomat 2 buah saja dalam sehari atau sekitar 300 gram, demi bisa mendapatkan manfaat kesehatannya yang maksimal tanpa perlu khawatir akan terkena efek sampingnya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi