Terbit: 1 Februari 2018 | Diperbarui: 31 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kecerdasan anak tidak hanya dibentuk setelah mereka lahir di dunia saja. Jauh sebelum anak dilahirkan, orang tua bisa membuat perkembangan otak janin dalam kandungannya berkembang dengan baik. Saat perkembangan otak janin berjalan dengan lancar, kecerdasan anak lambat laun akan terbentuk dengan maksimal.

Cara Mencerdaskan Anak Sejak dalam Kandungan

Kalau Anda sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan, coba lakukan beberapa hal ini agar anak bisa cerdas sejak dalam kandungan.

Perkembangan otak janin yang penting
Perkembangan otak janin adalah hal paling penting yang bisa membuat mereka cerdas setelah lahir ke dunia nantinya. Perkembangan otak pada janin terjadi memasuki bulan ke-3 kehamilan atau minggu ke -10. Pada masa ini tidak kurang dari 200 ribu sel saraf diproduksi pada otak. Kalau fase ini bisa dimaksimalkan, perkembangan otak anak akan berjalan dengan lancar.

Cara meningkatkan perkembangan otak janin
Untuk bisa meningkatkan perkembangan otak janin, orang tua bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Menciptakan lingkungan keluarga yang nyaman
Meski anak yang ada di dalam kandungan tidak tahu apa yang terjadi di luar, ciptakan suasana atau lingkungan yang nyaman. Pada periode tertentu, orang tua bisa mengajak anak berkomunikasi atau membacakan dongeng. Apa yang dilakukan orang tua ini akan menstimulasi fungsi otak agar berjalan dengan baik.

2. Jangan terlalu sering didengarkan musik
Beberapa orang tua percaya kalau sering mendengarkan musik klasik pada anak akan membuat mereka jadi cerdas. Musik klasik memang bisa meningkatkan kecerdasan pada anak, tapi tidak boleh berlebihan. Kalau anak terus-terusan diputarkan musik klasik atau jazz mereka justru tidak tenang di dalam rahim karena tidak bisa beristirahat.

3. Asupan nutrisi harus terjaga
Asupan nutrisi untuk anak juga sangat penting. Saat trimester pertama ibu harus banyak mengonsumsi makanan yang mendung omega-3, DHA, asam folat, zat besi, dan zat kolin yang membantu otak janin tumbuh dengan maksimal.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi