Terbit: 29 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bawang putih sudah sejak lama dikenal sebagai obat herbal dan diolah menjadi berbagai ramuan termasuk untuk makanan. Untuk mendapatkan manfaat yang besar dari bawang putih ini, pengolahan harus dilakukan dengan benar. Kalau Anda mengolah bawang putih dengan salah, komponen antikankernya akan hilang.

Begini Cara Mengolah Bawang Putih Agar Jadi Antikanker

Lalu, bagaimana cara mengolah bawah putih yang benar?

Bawang putih tidak bisa langsung diolah
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Penn State College of Health and Human Development, bawang putih yang didiamkan dahulu selama 10 menit lebih bermanfaat. Kandungan antikanker pada bawang putih akan keluar dan bereaksi dengan enzim lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.

Setelah mengupas bawang dan menghancurkannya, diamkan dahulu sebelum diolah menjadi bumbu. Kalau Anda langsung mengolahnya, kandungan antikankernya hanya akan sedikit sehingga tidak memberikan banyak efek positif pada tubuh.

Cara kerja enzim dalam bawang putih
Setelah digerus atau dihancurkan dengan pisau, bawang akan mengeluarkan enzim khusus yang akan bekerja dengan enzim lain dari daging bawang. Enzim ini akan bereaksi dan akhirnya menghasilkan komponen kimia bernama allyl sulfur yang menimbulkan bau tidak sedap.

Komponen kimia itulah yang memberikan efek antikanker. Kalau Anda tidak menunggu komponen kimia itu muncul, bawang putih yang diolah hanya akan bermanfaat sebagai bumbu masakan saja.

Mengolah bawang putih dengan benar
Setelah bawang putih dihancurkan menjadi lembut atau menjadi cincangan kecil, Anda bisa mengolahnya secara langsung dengan digoreng, dipanggang, atau langsung dimasukkan ke dalam air.

Kandungan antikanker pada bawang putih tidak akan hilang kalau Anda memasaknya secara singkat. Namun, kalau bawang putih diolah dengan dipanggang selama 45 menit, kandungan bermanfaatnya akan hilang begitu saja.

Mulai sekarang, mari memasakan bawang putih dengan benar. Manfaatkan bahan masakan murah ini dengan baik agar tubuh jadi sehat dan kanker tidak mau muncul dan menginfeksi tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi