Terbit: 28 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.com – Minuman bersoda bisa menyebabkan obesitas karena mengandung banyak gula yang terlarut dalam air. Selain kegemukan, baru-baru ini muncul penelitian baru yang menyebutkan kalau soda mampu menyebabkan kanker ganas yang berbahaya untuk tubuh. Benarkah soda bisa menyebabkan kanker?

Awas, Minum Soda Berlebihan Bisa Picu Penyakit Kanker

Perdebatan soda dan kanker
Para peneliti kanker di dunia masih memperdebatkan pengaruh soda dan kanker kolon atau usus besar. Soda hanya dianggap memberikan efek obesitas kalau dikonsumsi secara berlebihan. Kalau soda dikonsumsi secara wajar, seseorang tidak akan mendapatkan efek yang merugikan.

Meski masalah kanker usus besar banyak ditentang oleh beberapa peneliti. Baru-baru ini ada studi baru yang dilakukan di Singapura dan dimuat di jurnal Cancer Epidemiology. Berdasarkan penelitian ini, soda yang dikonsumsi secara berlebihan mampu merangsang terbentuknya kanker kelenjar pankreas.

Kanker dan kesehatan pankreas dan darah
Menyambung pembahasan sebelumnya, kanker pankreas bisa terbentuk karena tubuh memaksanya bekerja lebih keras. Saat mengonsumsi soda dengan kadar gula tinggi kelenjar pankreas akan mengeluarkan insulin berlebih untuk metabolisme gula. Dampaknya, kanker bisa terbentuk seiring dengan berjalannya waktu.

Selain menyebabkan kanker kelenjar pankreas, pewarna yang digunakan untuk minuman soda juga menyebabkan kanker paru-paru dan leukemia. Zat 4-methylimidazole (4-MEI) yang memberi warna karamel pada soda adalah bahan berbahaya yang kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu kanker.

Soda dan gaya hidup
Soda memang tidak langsung memberikan efek buruk seperti kanker yang disebutkan sebelumnya. Bahkan beberapa vendor mengeluarkan versi tanpa gula atau zero sugar. Meski demikian, kita lebih disarankan mengonsumsi banyak air putih ketimbang soda.

Setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya, air putih lebih banyak memberikan manfaat ketimbang soda. Air putih bisa meredakan dehidrasi secara instan dan tidak memberikan efek samping yang berbahaya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi