Terbit: 1 September 2018 | Diperbarui: 16 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Gangguan sistem reproduksi dan seksual pada wanita kadang susah dikenali dengan mudah. Pertama, banyak tanda penyakit yang bercampur dengan penyakit lain. Bahkan tanpa pemeriksaan yang akurat bisa menyebabkan salah diagnosis. Selain itu, tanda penyakit sering tidak muncul kalau tidak parah.

Waspadai 5 Tanda Kanker Rahim yang Mematikan

Salah satu penyakit berbahaya yang tandanya cukup bercampur dengan penyakit lainnya adalah kanker rahim. Penyakit ini menyerang rahim mulai dari lapisan luar endometrium hingga lapisan otot yang ada di bagian tengah. Kanker ini bisa berbahaya karena bisa menyebar ke organ lain dan menyebabkan kondisi perdarahan dan susah hamil.

Nah, agar kita lebih waspada dengan kanker rahim yang berbahaya, simak beberapa tandanya di bawah ini.

  1. Sering nyeri saat buang air kecil

Salah satu tanda kanker di rahim adalah perasaan nyeri saat buang air kecil. Rasa nyeri ini sering muncul dan saat diobati tidak sembuh. Derajat nyeri juga berbeda-beda dan biasanya semakin parah penyakit akan semakin sakit sehingga wanita kerap tidak nyaman saat buang air kecil atau buang air besar.

Rasa sakit saat buang air kecil hampir sama dengan infeksi saluran kemih atau karena infeksi jamur. Kalau infeksi saluran kemih biasanya akan membaik setelah diberi obat dari dokter seperti antibiotik tertentu. Kanker rahim tidak akan membaik dan sel tumor ganasnya bisa terus tumbuh dan menyebar.

  1. Keputihan dan keluar bercak darah

Wanita bisa mengalami keputihan karena ada infeksi jamur atau ragi. Keputihan jenis patogen ini juga menyebabkan vagina mengeluarkan cairan semi padat dengan bau tidak sedap. Keputihan selanjutnya juga disebabkan oleh mekanisme tubuh dan akan normal sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

Wanita juga mengalami spotting atau perdarahan ringan saat hamil atau sebelum menstruasi. Tanda ini cukup sama dengan kanker rahim. Namun, kanker rahim sering menyebabkan dua gejala ini susah sembuh dan berulang-ulang. Misal setelah diberi obat infeksi tidak ada tanda-tanda membaik.

  1. Penurunan berat badan yang tidak normal

Barangkali salah satu tanda kanker rahim yang bisa terlihat dengan jelas adalah penurunan berat badan berlebihan. Penurunan berat badan ini terjadi secara drastis padahal wanita sedang tidak diet atau mengurangi jumlah makanannya. Penurunan tidak normal terjadi lebih dari 1-2 kilogram dalam satu minggu.

Oh ya, penurunan berat badan yang tidak normal juga terjadi karena gejala HIV. Jadi, kalau memiliki gejala ini lebih baik langsung memeriksakan diri. Dengan begitu, Akan diketahui kondisi apa yang terjadi pada tubuh.

  1. Sering sakit saat berhubungan badan

Wanita yang memiliki kanker rahim akan sering mengalami sakit saat berhubungan badan. Rasa sakit ini cukup kuat sehingga wanita sering tidak nyaman saat seks. Bahkan mereka bisa tidak menikmati seks hingga sering mengalami perdarahan yang cukup banyak.

Perdarahan dan sakit saat seks bisa terjadi karena endometriosis. Pertumbuhan jaringan ini tidak bersifat kanker. Namun, kemungkinan menjadi kanker rahim endometriosis masih tetap ada.

  1. Nyeri di tubuh bagian bawah

Tanda terakhir yang sering dialami wanita penderita kanker rahim adalah sakit di bagian tubuh bawah. Perut bagian bawah hingga ke punggung akan sering nyeri sehingga wanita tidak boleh terlalu capai. Selanjutnya kaki juga sering nyeri sehingga wanita tidak bisa terus berjalan. Kalau kondisi ini muncul segera lakukan pemeriksaan.

Inilah lima tanda kanker rahim yang muncul pada wanita. Begitu tanda di atas muncul lakukan pemeriksaan. Masalah nanti bukan kanker rahim, tidak jadi masalah. Lebih baik waspada sejak awal, bukan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi