Terbit: 15 Maret 2018 | Diperbarui: 7 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kanker paru merupakan salah satu penyakit ganas yang telah merenggut banyak korban nyawa. Penyakit ini memiliki cirri khas adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru. Jika tidak ditangani lebih lanjut, penyakit ini bisa menyebar ke luar paru-paru dan menghantam bagian tubuh lainnya.

Tak Hanya dari Rokok, Kanker Paru Juga Bisa Disebabkankan 4 Hal Ini

Hingga saat ini, banyak yang beranggapan bahwa merokok adalah faktor utama penyebab datangnya penyakit mematikan ini. Padahal, penyakit kanker paru tidak hanya disebabkan oleh merokok, namun hal lain juga. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah 4 faktor yang bisa menyebabkan datangnya kanker paru:

1. Riwayat Sakit Paru

Kanker paru ternyata juga bisa dikarenakan oleh riwayat penyakit paru yang diderita seseorang. Misalnya,  ada orang yang pernah terkena TBC atau bronkitis, maka besar kemungkinan dia akan mengalami kanker paru juga di suatu hari. Terlebih jika dia adalah seorang perokok aktif, maka kemungkinan tersebut akan semakin lebih besar.

2. Efek Zat Kimia

Perlu disadari, ada beberapa zat kimia yang cukup berpotensi mendatangkan penyakit paru, mulai dari zat kimia yang bersifat karsinogenik diantaranya asbes, arsenic, nikel, radon, serta eter chloromethyl. Seluruh zat kimia tersebut sangat dekat dengan kehidupan manusia sebab berhubungan dengan berbagai jenis pekerjaan yang cukup populer di Indonesia.

3. Hasil Pembakaran

Dalam bahasa ilmiah, hasil pembakaran juga bisa disebut benzopyrene. Zat ini tergolong dalam kategori zat berbahaya, seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh Environmental Protection Agency, Amerika. Salah satu penyebaran zat ini adalah melalui udara, sehingga siapa saja bisa terjangkit jika tidak menggunakan pelindung (masker).

4. Gas Radon

Radon merupakan bagian udara yang dihirup manusia setiap hari. Radon sendiri termasuk gas radioaktif yang muncul secara alami yang berasal dari batuan dan tanah dalam jumlah yang kecil. Radon bisa berpindah-pindah tempat secara cepat melalui celah-celah terbuka, misalnya pondasi, pipa, saluran air, serta lubang lainnya yang berhubungan langsung dengan tanah. Jika radon ini terhirup dalam jangka waktu lama, maka besar kemungkinan seseorang akan mengalami penyakit paru.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi