Terbit: 16 Februari 2018 | Diperbarui: 8 Desember 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Nangka adalah salah satu buah dengan ukuran terbesar. Buah berduri ini dianggap sebagai buah tropis yang populer di Asia. Nangka sarat dengan protein dan banyak nutrisi lainnya seperti vitamin B, potasium, kalsium dan seng.

Jangan Dibuang! Biji Nangka Menangkal Penyakit Jantung hingga Kanker

Nangka muda sering digunakan untuk memuat gudeg atau sayur asam. Sementara yang matang bisa langsung dikonsumsi. Tapi, tahukah anda bahwa biji nangka yang sering dibuang ternyata menyehatkan? Biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin, yang membantu mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi energi. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan mata dan kulit Anda tetap sehat.

Biji nangka juga memiliki sejumlah kecil mineral seperti magnesium, seng, potasium, besi, kalsium dan tembaga. Biji berwarna cokelat muda ini juga mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu mencegah kontaminasi bakteri yang menyebabkan penyakit bawaan makanan. Berikut 10 manfaat biji nangka sepetrti dilansir dari Bold Sky.

1. Tinggi Protein
Biji nangka kaya protein dan Anda bisa mengonsumsi biji nangka dengan menambahkannya ke masakan yang berbeda saat memasak. Ini membantu dalam membangun massa otot dan menjaga agar metabolisme tetap berjalan lebih cepat.

2. Mencegah Gangguan Pencernaan
Biji nangka melancarkan pencernaan. Nutrisi yang ada pada biji nangka bisa membantu Anda mencerna makanan dengan baik. Biji ini juga mengandung serat yang akan membantu dalam proses pencernaan dan akan membuat perut Anda kenyang.

3. Bagus Untuk Penglihatan
Biji nangka mengandung vitamin A, yang bisa membantu menjaga penglihatan. Vitamin A adalah nutrisi penting, yang diperlukan untuk menjaga penglihatan sehat, yang dapat membantu menangkal banyak penyakit terkait mata seperti rabun senja.

4. Mencegah Anemia
Mengonsumsi biji nangka satu atau dua kali dalam seminggu akan meningkatkan kandungan zat besi Anda dalam tubuh. Biji adalah sumber zat besi yang bagus untuk orang yang menderita kadar hemoglobin rendah. Jika Anda menderita anemia, konsumsi biji nangka, karena membantu menghilangkan risiko anemia dan penyakit terkait darah lainnya.

5. Menyembuhkan Stres
Biji nangka kaya akan protein dan nutrisi mikronutrien lainnya yang membantu menurunkan stres mental. Konsumsilah biji nangka setiap kali Anda menderita stres mental. Ini akan menjaga masalah mental.

6. Mencegah Sembelit
Biji nangka bisa mencegah masalah seperti konstipasi karena adanya serat yang tidak larut. Serat yang hadir dalam biji mempromosikan kerja dari saluran pencernaan dan mempercepat proses pencernaan dan dengan demikian mendetoksifikasi usus besar.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan
Biji nangka bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini memiliki efek antimikroba pada tubuh, yang mencegah kontaminasi bakteri. Benih mengandung seng yang juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang lebih baik.

8. Mencegah Kanker
Biji nangka mengandung antioksidan yang bisa mencegah kanker. Melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak sel DNA dan menghasilkan sel kanker. Biji nangka mengandung sifat anti-kanker yang akan memperlambat degenerasi sel tubuh.

9. Menyediakan Kekuatan Untuk Tulang
Biji nangka mengandung kalsium yang membantu dalam menyehatkan tulang. Biji nangka juga mengandung potasium, yang membantu membangun dan menguatkan tulang. Sertakan biji nangka dalam makanan Anda jika Anda ingin membangun otot dan menjaga tulang tetap kuat.

10. Mengurangi Penyakit Jantung
Biji nangka sangat baik untuk penderita penyakit jantung, karena biji nangka nol kolesterol. Biji nangka mencegah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi