Terbit: 4 November 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Gejala kanker getah bening (limfoma) perlu diwaspadai karena jika dibiarkan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Gejalanya dapat berkembang di mana saja di bagian tubuh Anda. Yuk, kenali ciri-cirinya berikut ini!

11 Gejala Kanker Getah Bening yang Jarang Disadari

Apa itu Kanker Getah Bening?

Kanker getah bening atau disebut limfoma, adalah kanker sistem limfatik, merupakan bagian dari jaringan tubuh yang melawan kuman. Sistem limfatik termasuk kelenjar getah bening, limpa, kelenjar timus, dan sumsum tulang. Limfoma dapat berkembang di semua area tersebut serta organ lain di seluruh tubuh. Ada banyak jenis limfoma, tetapi subtipe utamanya adalah limfoma Hodgkin dan non-Hodgkin.

Gejala Kanker Getah Bening (Limfoma)

Terdapat lebih dari 80 jenis limfoma, secara luas terbagi dalam limfoma Hodgkin dan non-Hodgkin. Limfoma bisa tumbuh lambat dan berkembang selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun sebelum merasakan gejala. Beberapa gejala juga berkembang singkat, berhari-hari, atau berminggu-minggu. Lantaran gejala limfoma sangat umum, terkadang sulit untuk didiagnosis.

Gejala kanker getah bening yang paling umum hingga langka, berikut di antaranya:

1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi sering kali terasa nyeri dan hilang dalam waktu dua sampai tiga minggu. Terkadang ketika terserang virus, mungkin bertahan lebih lama. Sedangkan akibat limfoma, kemungkinan besar muncul gejala kanker getah bening pada leher, selangkangan, dan ketiak.

Kelenjar getah bening terjadi hampir di mana saja di tubuh, tetapi tidak selalu merasakannya di beberapa tempat sampai merasakan gejala lain. Gejala ini biasanya halus, bulat, bergerak (menjauh), dan bertekstur kenyal. Ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi akan terasa sakit jika menekan jaringan di area sekitarnya.

2. Demam berkepanjangan

Demam adalah naiknya suhu tubuh di atas tingkat normal. Setiap suhu di atas 37,5 derajat Celsius dianggap tidak normal. Demam ini bisa muncul dan hilang selama beberapa hari atau minggu tanpa infeksi.

Limfoma dapat menyebabkan demam karena sel-sel limfoma memproduksi bahan kimia yang meningkatkan suhu tubuh. Demam ini biasanya ringan dan bisa muncul dan hilang.

3. Kelelahan

Gejala kanker getah bening dapat ditandai dengan kelelahan yang luar biasa tanpa alasan yang jelas. Bahkan gejalanya tidak mereda dengan istirahat atau tidur. Ini sering kali mengganggu aktivitas sederhana seperti berpakaian.

Meskipun penyebab kelelahan tidak diketahui, tetapi mungkin karena sel kanker menggunakan energi untuk tumbuh dan membelah. Kelelahan bisa disebabkan penyebab lain juga dan limfoma mungkin menjadi bagian dari ini.

4. Keringat berlebih di malam hari

Berkeringat di malam hari karena udara kamar yang hangat merupakan hal yang normal. Namun, keringat malam yang terkait limfoma biasanya membuat basah kuyup. Badan mungkin berkeringat sangat banyak sehingga perlu mengganti pakaian tidur dan sprei.

Bahkan dokter tidak tahu persis penyebabnya. Bisa jadi ini adalah reaksi alami tubuh terhadap suhu tubuh yang naik di atas normal. Bisa juga akibat bahan kimia yang diproduksi oleh sel limfoma.

Baca Juga: Cara Mengobati Pembengkakan Kelenjar Getah Bening (Medis & Alami)

5. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas

Ciri-ciri kanker getah bening yang satu ini terjadi dalam waktu singkat tanpa berusaha. Jika kehilangan 5 persen lebih dari berat badan normal selama 6 bulan, disarankan untuk menemui dokter jika.

Penurunan berat badan ini bisa terjadi karena sel kanker menghabiskan sumber energi. Tubuh juga menggunakan energi berlebih untuk mencoba dan melawan sel kanker.

6. Kesulitan mengatasi infeksi

Sel darah putih biasanya melawan perkembangan infeksi. Pada limfoma, sel darah putih yang bersifat kanker diproduksi sebagai pengganti sel darah putih yang sehat. Sel darah putih yang bersifat kanker ini tidak bekerja dengan baik dan kesulitan melawan infeksi. Ini membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi dan infeksi bisa bertahan lebih lama.

7. Badan terasa gatal

Keluhan kulit yang gatal bisa terjadi pada mereka yang menderita limfoma Hodgkin dan non-Hodgkin. Gejala kanker getah bening ini dapat muncul di area kulit di dekat kelenjar getah bening yang dipengaruhi oleh limfoma, termasuk bercak limfoma kulit dan di seluruh tubuh.

Gatal-gatal diperkirakan terjadi karena bahan kimia yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh, sebagai bagian dari respons terhadap sel limfoma. Bahan kimia ini dapat mengiritasi saraf di kulit dan menyebabkan gatal.

8. Gejala lokal atau sistemik limfoma

Beberapa gejala dapat berkembang di bagian dalam dan sekitar limfoma itu sendiri, sehingga disebut gejala lokal limfoma. Gejala lokal yang paling sering kali terjadi adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Ini kemudian dapat menekan jaringan lain di sekitar limfoma itu sendiri. Gejala yang mungkin terjadi tergantung pada tempat limfoma berkembang.

9. Batuk kering, sesak napas, atau nyeri dada

Ciri-ciri benjolan kanker getah bening yang muncul di dada dapat menekan saluran udara, paru-paru, dan pembuluh darah. Beberapa gejala yang mungkin dikeluhkan, termasuk:

  • Batuk kering
  • Sesak napas
  • Tekanan
  • Nyeri di dada.

Gejala ini mungkin lebih buruk ketika berbaring.

Baca Juga: Perbedaan Kelenjar Getah Bening yang Mengalami Infeksi dan Kanker

10. Gangguan pencernaan

Limfoma dapat berkembang pada kelenjar getah bening di perut atau jaringan limfatik di limpa, perut, atau hati. Penderitanya mungkin mengeluhkan rasa sakit di sisi kiri di belakang tulang rusuk, kembung, dan perasaan kenyang setelah makan sedikit makanan. Hal ini mungkin akibat limpa yang membesar.

Limfoma di perut dapat menyebabkan gastritis (radang selaput perut) yang menyebabkan mual, muntah dan nyeri. Limfoma di usus bisa menyebabkan nyeri, diare, atau konstipasi.

11. Anemia

Anemia atau kekurangan darah, adalah rendahnya jumlah sel darah merah di tubuh. Ciri-ciri kanker getah bening ini dapat disebabkan oleh limfoma di sumsum tulang atau perdarahan jika limfoma muncul di usus. Anemia dapat menimbulkan beberapa gejala, termasuk sesak napas, kelelahan, dan jantung berdebar.

Itulah ciri-ciri benjolan kanker getah bening yang penting untuk kita kenali agar memudahkan untuk pengobatan hingga pencegahan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Symptoms of Lymphoma. https://www.lymphoma.org.au/about-lymphoma/symptoms-of-lymphoma/. (Diakses pada 4 November 2021)
  2. Anonim. Symptoms of lymphoma. https://lymphoma-action.org.uk/symptoms-of-lymphoma. (Diakses pada 4 November 2021)
  3. Anonim. 2021. Lymphoma. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lymphoma/symptoms-causes/syc-20352638. (Diakses pada 4 November 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi