Terbit: 4 Maret 2018 | Diperbarui: 7 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian menyebutkan kalau pria yang sering berhubungan badan rendah risiko terkena kanker prostat. Dari fakta ini, beberapa orang beranggapan kalau pria yang tidak pernah bercinta akan tinggi risiko terkena kanker prostat. Benarkah demikian?

Apakah Pria yang Tidak Pernah Bercinta Rentan Kena Kanker Postat?

Manfaat ejakulasi pada pria
Dari sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Eurologi Eropa, pria yang sering mengalami ejakulasi atau mengeluarkan cairan mani , risiko terkena kanker prostatnya rendah ketimbang mereka yang jarang ejakulasi.

Penelitian yang dilakukan selama 18 tahun terhadap 32 ribu pria ini juga menyebutkan kalau ejakulasi bisa membuat risiko terkena kanker prostat menurun hingga 33 persen. Ejakulasi yang efektif untuk pencegahan ini terjadi saat pria berusia 20-29 tahun.

Pria yang tidak bercinta
Pria yang jarang bercinta atau yang tidak menikah dianggap berisiko alami gangguan pada prostat. Namun, fakta ini tidak sepenuhnya benar. Meski tidak menikah atau bercinta, pria tetap bisa mengalami ejakulasi dengan onani atau masturbasi.

Saat pria melakukan onani, ejakulasi tetap terjadi. Efek yang ditimbulkan tetap sama. Selanjutnya pria yang jarang bercinta akan tetap mengalami mimpi basah setiap 4-5 minggu sekali. Jadi, risiko terkena kanker prostat tetap bisa turun.

Ejakulasi dan pencegahan kanker
Saat mengalami ejakulasi, cairan yang mengandung bahan karsinogenik akan terus dikeluarkan. Kondisi ini akan menyebabkan area prostat tetap berada dalam kondisi prima. Selain itu, pembengkakan dan juga infeksi pada prostat bisa dihindari dengan baik.

Prinsip dari pencegahan kanker ini adalah dengan menguras setiap cairan yang dihasilkan oleh organ reproduksi pria. Kalau sering dikurang, zat berbahaya yang masuk dari mana saja bisa dikeluarkan sehingga risiko terkena kanker bisa diperkecil.

Dari urian di atas kita bisa menyimpulkan kalau pria yang tidak pernah berhubungan badan tidak rentan kanker prostat. Asal tetap menjaga kesehatan dan memiliki gaya hidup sehat, penyakit itu bisa dihindari.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi