Terbit: 14 April 2022 | Diperbarui: 8 Mei 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ampas kopi biasanya dibuang begitu saja karena dianggap sudah tidak memiliki manfaat. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ampasnya memiliki banyak kandungan antioksidan yang digadang bisa mencegah kanker! Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Menjadi Sumber Antioksidan, Benarkah Kopi Bisa Mencegah Kanker?

Ampas Kopi dan Kandungan Antioksidan

Kopi menjadi perhatian para penelitian beberapa tahun terakhir, sebagian karena minuman ini kaya akan antioksidan.

Tidak hanya berupa minuman, bahkan ampas kopi pun mendapat perhatian karena kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan.

Maria-Paz de Pena memimpin sebuah tim penelitian yang hasilnya telah dirilis dalam jurnal bernama Agricultural and Food Chemistry. Penelitian dilakukan dengan menentukan seberapa terkonsentrasi antioksidan dari ampas kopi. Para peneliti mencatat bahwa kopi adalah sumber antioksidan yang disebut senyawa fenolik makanan.

Meskipun sebagian ampas kopi digunakan secara komersial sebagai pupuk pertanian, tetapi sebagian besar berakhir di tempat sampah.

Namun, baru-baru ini penelitian lainnya telah menemukan bahwa antioksidan tidak hanya dalam kopi yang diseduh, antioksidan juga berada di dalam ampas kopi.

Para peneliti menggunakan tiga metode berbeda untuk melepaskan antioksidan dari ampas dan menemukan kadar fenol yang tinggi dalam ekstrak, terkadang pada kadar yang lebih tinggi daripada kopi yang diseduh.

Temuan tersebut menemukan bahwa filter, plunger, dan pembuat kopi jenis espresso meninggalkan lebih banyak antioksidan di bubuk kopi, sementara pembuat kopi moka meninggalkan paling sedikit.

Karena filter dan pembuat kopi espresso biasa digunakan di rumah dan kedai kopi, penelitian melaporkan bahwa sebagian besar ampas kopi cenderung menjadi sumber antioksidan yang baik dan zat bermanfaat lainnya. Para peneliti mencatat bahwa setelah senyawa ini diekstraksi, ampasnya masih bisa digunakan untuk pupuk.

Dengan demikian, kandungan dalam ampasnya memiliki potensi besar untuk dijadikan bahan aditif makanan yang bisa membuat makanan-makanan tersebut menjadi lebih sehat bagi tubuh manusia.

Baca Juga: 9 Manfaat Ampas Kopi, Baik untuk Kulit hingga Ampuh Usir Bau

Apakah Antioksidan Ampas Kopi Bisa Mencegah Kanker?

Antioksidan adalah senyawa yang akan sangat baik bagi kesehatan tubuh karena dapat memberikan perlindungan dari berbagai efek buruk radikal bebas.

Radikal bebas adalah atom tidak stabil yang bisa merusak DNA seluler di dalam tubuh, yang diduga berperan dalam perkembangan kanker.

Antioksidan bekerja dengan melacak radikal bebas dan menetralkan efek berbahayanya. Ini membantu menjaga sel-sel tubuh tetap sehat sehingga dapat membantu mencegah perkembangan kanker.

Menurut hasil penelitian yang dirilis dalam jurnal Agricultural and Food Chemistry, apabila Anda bisa mengolah ampas kopi dengan benar, tentu akan mendapatkan kandungan antioksidan baik yang sangat tinggi, jauh lebih tinggi dari apa yang ada dalam kopi seduh.

Baca Juga: Kanker: Jenis, Gejala, Penyebab, Pengobatan, Pencegahan, dll

Sementara dari penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School, diketahui bahwa orang yang rutin minum kopi akan memiliki risiko 50 persen lebih rendah untuk terkena kanker rektum, kanker payudara, dan juga kanker usus karena mendapatkan kadar antioksidan yang cukup banyak dari kopi.

Dengan adanya fakta-fakta tersebut, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk mulai rutin mengonsumsi kopi.

Sedangkan terkait apakah manfaat antioksidan dari ampas kopi dapat mencegah kanker, sesungguhnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya!

 

  1. Anonim. 2013. Used coffee grounds are a rich source of healthful antioxidants. https://www.sciencedaily.com/releases/2013/01/130109110057.htm. (Diakses pada 14 April 2022)
  2. Anonim. 2017. Antioxidants and Cancer Prevention. https://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/risk/diet/antioxidants-fact-sheet. (Diakses pada 14 April 2022)
  3. Anonim. 2019. Do Antioxidants Prevent Cancer? 5 Things to Know. https://www.foxchase.org/blog/do-antioxidants-prevent-cancer-5-things-know. (Diakses pada 14 April 2022)
  4. Anonim. 2015. Extracts from leftover coffee grounds are full of antioxidants. https://www.teatronaturale.it/international/health-and-gastronomy/28997-extracts-from-leftover-coffee-grounds-are-full-of-antioxidants.htm. (Diakses pada 14 April 2022)
  5. Anonim. 2018. Can Coffee Lower Cancer Risk?. https://www.cancer.org/latest-news/can-coffee-lower-cancer-risk.html. (Diakses pada 14 April 2022)
  6. Murphy, John. 2020. How does coffee fight cancer?. https://www.mdlinx.com/article/how-does-coffee-fight-cancer/lfc-3548. (Diakses pada 14 April 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi