Terbit: 17 November 2017 | Diperbarui: 18 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Informasi yang paling penting yang harus diketahui tentang trifluoperazine (Stelazine) adalah berhenti menggunakan obat ini dan segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki gerakan mata, bibir, lidah, wajah, lengan, atau kaki Anda yang berkedok-kedip atau tak terkendali. Ini bisa jadi tanda awal efek samping yang berbahaya.

Trifluoperazin – Informasi Penting

Trifluoperazine tidak digunakan dalam kondisi psikotik yang berhubungan dengan demensia. Trifluoperazine dapat menyebabkan gagal jantung, kematian mendadak, atau pneumonia pada orang dewasa yang lebih tua dengan kondisi demensia.

Jangan menggunakan trifluoperazine jika Anda memiliki penyakit hati, kerusakan otak, depresi sumsum tulang, kelainan sel darah (seperti platelet rendah atau jumlah sel darah merah atau putih rendah), atau jika Anda menggunakan sejumlah besar alkohol atau obat-obatan yang membuat mengantuk. Jangan gunakan jika Anda alergi terhadap trifluoperazin atau fenotiazin lainnya.

Sebelum mengkonsumsi trifluoperazine, beritahu dokter Anda tentang semua kondisi medis Anda, dan jika Anda pernah memiliki efek samping yang serius saat menggunakan trifluoperazin atau obat serupa. Juga, beritahu dokter Anda tentang semua obat lain yang Anda gunakan.

Apa yang harus saya diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan saya sebelum minum trifluoperazine oral (Stelazine)?

Trifluoperazine tidak digunakan dalam kondisi psikotik yang berhubungan dengan demensia. Trifluoperazine dapat menyebabkan gagal jantung, kematian mendadak, atau pneumonia pada orang dewasa yang lebih tua dengan kondisi demensia.

Jangan menggunakan trifluoperazine jika Anda memiliki penyakit hati, kerusakan otak, depresi sumsum tulang, kelainan sel darah (seperti zat keping darah/platelet rendah atau jumlah sel darah merah atau putih rendah), atau jika Anda menggunakan sejumlah besar alkohol atau obat-obatan yang membuat mengantuk. Jangan gunakan jika Anda alergi terhadap trifluoperazin atau fenotiazin lainnya seperti chlorpromazine (Thorazine), fluphenazine (Permitil), perphenazine (Trilafon), proklorperazin (Compazine, Compro), prometazin (Adgan, Pentazine, Phenergan), atau thioridazine (Mellaril).

Trifluoperazin – Halaman Selanjutnya :   1   2   3  4   5

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi