Program Imunisasi di Nigeria Sukses Berkat Mie Instan Indonesia

mie_instan_dalam-cup-doktersehat2
Photo Credit: Flickr.com/ Toshiyuki IMAI

DokterSehat.Com– Tahukah Anda jika mie instan di Indonesia sudah diekspor hingga ke berbagai penjuru dunia? Di Benua Afrika, salah satu merek mie instan dari Tanah Air bahkan sangat terkenal karena cita rasanya yang luar biasa. Tak disangka, mie instan dari Indonesia bahkan bisa dijadikan solusi bagi program imunisasi di Nigeria, salah satu negeri yang ada di Afrika Barat.

Sebagai informasi, Nigeria mengalami masalah polio yang cukup parah. Selain itu cakupan imunisasi polio di negara tersebut juga sangat rendah. Sebagaimana di Indonesia, ada isu-isu miring yang terkait dengan vaksin sehingga membuat warga enggan melakukannya. Hanya saja, jika di Indonesia isu ini terkait dengan kehalalan, di Nigeria isu ini terkait dengan adanya dugaan bahwa bahwa vaksin bisa menyebabkan kemandulan.

Demi menambah cakupan vaksinasi di Nigeria, pemerintah bersama dengan organisasi PBB United Nations Children’s Fund (UNICEF) melakukan strategi vaksinasi dengan menggunakan mie instan dari Indonesia. Anak-anak yang mau divaksinasi akan diberi hadiah mie instan. Tak disangka, strategi ini berhasil. Menurut Voice of Nigeria, target lebih dari 66 ribu anak yang divaksinasi berhasil dicapai!

“Pemerintah memberikan mie instan bagi anak-anak yang mau divaksin. Tujuan dari strategi ini memang menarik perhatian orang tua untuk mau membawa anak melakukan imunisasi,” Ucap Awaisu Ahmad Goronyi, Direktur Pelayanan Kesehatan Nigeria.

Media lokal lainnya, Daily Nigerian, menyebut strategi pemerintah dengan menggunakan mie instan berhasil dan membuahkan hasil yang memuaskan. Salah satu petugas bahkan mengaku banyak orang tua yang rela mendatangi pos imunisasi. Bahkan, banyak petugas yang menyebut jumlah anak yang diimunisasi lebih banyak dari target.

“Banyak sekali yang datang. Berkat paket mie instan orang tua mau datang membawa anaknya untuk diimunisasi. Di tempat kami bahkan jumlah anak yang datang melampaui target. Kami sangat senang,” ucap Aliyu Abubakar, salah satu petugas imunisasi dari Sokoto.

Sebagaimana di Indonesia, mie instan termasuk dalam makanan yang digemari masyarakat dari negara-negara Afrika, termasuk Nigeria. Hal ini disebabkan oleh rasanya yang nikmat dan harganya yang murah.