Obat Imatinib: Sediaan, Indikasi, dan Efek Samping

obat imatinib-doktersehat

Tidak ada seorang pun yang ingin mengalami penyakit leukemia atau kanker darah. Jika seseorang terserang penyakit leukemia, tentu saja orang tersebut akan berusaha sekuat tenaga agar penyakit tersebut dapat disembuhkan. Salah satu harapan untuk penderita penyakit leukemia adalah penggunaan obat-obatan untuk menyembuhkan kanker darah tersebut. Salah satu obat leukemia yang cukup banyak digunakan adalah obat Imatinib. Lalu, Imatininib obat apa? Obat Imatinib adalah obat yang digunakan untuk mengobati beberapa jenis leukemia (kanker darah) seperti leukemia myeloid kronik (CML) tipe kromosom Philadelphia positif. Obat imatinib juga digunakan untuk mengobati tumor tertentu dari lambung dan sistem pencernaan. Obat tersebut juga dapat mengganggu pertumbuhan beberapa sel kanker sehingga lama kelamaan sel kanker dapat mengering, kemudian mati.

Obat Imatinib adalah obat yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi para penderita kanker darah dan kanker tulang belakang, karena sudah banyak terbukti telah memperpanjang kelangsungan hidup, sekaligus menghilangkan tumor di dalam tubuh dan menghambat pertumbuhan dari sel kanker yang diderita oleh pasien.

Perlu diingatkan pula, untuk penggunaan obat pada ibu hamil dan menyusui, tidak disarankan untuk digunakan. Karena penggunaan obat ketika hamil dan menyusui dapat memberikan efek samping bagi calon bayi dan bayi Anda. Konsumsi obat Imatinib selama kehamilan dan menyusui hanya disarankan jika lebih besar manfaat dibanding efek sampingnya. Jadi, sebelum mengonsumsi obat ini pada kondisi kehamilan dan menyusui, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi yang intensif dengan dokter agar tidak terjadi efek samping yang diinginkan terhadap diri Anda dan bayi Anda.

Telah dijelaskan di atas bahwa obat Imatinib adalah obat yang bisa memberikan harapan kesembuhan untuk penderita kanker. Di halaman ini Anda akan mengenali lebih mendalam mengenai fungsi Imatinib, dan manfaat Imatinib.

Fungsi Imatinib & Manfaat Imatinib

Fungsi Imatinib adalah menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghilangkan tumor. Sedangkan manfaat Imatinib adalah untuk merawat, mengontrol dan mengobati penyakit kanker darah, kanker sumsum tulang, sindrom hipereosinofilik, gangguan sel darah, dermis kanker kulit lapisan, penyakit sel mast, dan tumor stroma gastrointestinal.

Setelah Anda mengetahui  fungsi Imatinib dan manfaat Imatinib, mari kenali lebih mendalam mengenai efek samping yang akan didapatkan pengguna ketika mengkonsumsi obat yang satu ini. Kenali efek samping terlebih dahulu sebelum berniat untuk mengkonsumsinya. Mari simak informasi di halaman ini untuk mengetahui efek samping obat Imatinib.

Perlu diingatkan sekali lagi, bahwa obat di atas, juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Nama dagang: Gleevec
Nama generik: Imatinib
Sediaan: Tablet 100 mg, Kaplet 400 mg

Apa efek samping obat imatinib (Gleevec) yang mungkin terjadi?

Dapatkan bantuan medis darurat dan sesegera mungkin jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti berikut ini:

  • Demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu
  • Mudah memar, pendarahan yang tidak biasa (hidung, mulut, vagina, atau rektum), bintik-bintik ungu atau merah di bawah kulit Anda
  • Pembengkakan, kenaikan berat badan yang cepat, sesak nafas (bahkan dengan olahraga ringan)
  • Tinja hitam seperti aspal atau petis, tinja berdarah atau berwarna yang tidak biasa
  • Mual, sakit perut bagian atas, gatal, kehilangan nafsu makan, urin berwarna gelap, BAB seperti tanah liat, jaundice/ikterik (menguningnya kulit atau mata)
  • Batuk darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi
  • Sakit punggung bagian bawah, darah dalam urin
  • Kencing kurang dari biasanya atau tidak sama sekali
  • Mati rasa atau perasaan meraba-raba di sekitar mulut
  • Kelemahan otot, sesak, atau kontraksi, refleks yang terlalu aktif
  • Denyut jantung cepat atau lambat, denyut nadi lemah, sesak nafas, bingung, pingsan
  • Reaksi kulit yang parah – demam, sakit tenggorokan, bengkak di wajah atau lidah, terbakar di mata, sakit pada kulit, diikuti ruam kulit merah atau ungu yang menyebar (terutama di wajah atau di bagian atas) dan menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas

Efek samping yang kurang serius bisa meliputi:

  • Mual ringan atau sakit perut, muntah, diare
  • Kram otot
  • Nyeri sendi atau otot
  • Sakit kepala, merasa lelah
  • Hidung tersumbat, nyeri sinus

Ini bukan daftar lengkap efek samping dan yang lainnya mungkin terjadi. Efek samping yang terjadi untuk penggunaan obat Imatinib dapat berbeda-beda untuk pasien yang berbeda. Segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan saran medis tentang efek samping. Carilah bantuan medis darurat atau hubungi bantuan keracunan segera di nomor (021) 4250767 atau (021) 4227875. Atau Anda bisa mendatangi rumah sakit terdekat supaya mendapat tanggapan medis secara langsung.

Pengonsumsian obat Imatinib dan pengontrolan terhadap timbulnya efek samping harus selalu berada di bawah pengawasan dokter. Gunakan obat Imatinib dengan cermat agar efektivitas obat tetap terjaga dan bisa menimbulkan hasil yang positif saat diterapkan pada pasien kanker darah atau leukemia.

Obat Imatinib – Halaman Selanjutnya :   1   2   3   4