Iklan Makanan dan Minuman Bisa Membuat Anak Mengalami Obesitas

doktersehat-keluarga-nonton-tv

DokterSehat.Com– Banyak orang tua yang sengaja meminta anaknya menonton acara olahraga. Biasanya, hal ini dilakukan agar anak memiliki ketertarikan pada olahraga tertentu sehingga anak-anak pun akan menjadi lebih rajin bergerak. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, ada baiknya orang tua lebih berhati-hati saat mengajak anaknya menonton acara televisi ini.

Dikutip dari NY Post, banyak acara olahraga dan acara-acara lainnya di televisi yang ternyata menyajikan iklan makanan dan minuman yang tidak sehat, khususnya makanan cepat saji atau minuman ringan. Meski terlihat sepele, hal ini ternyata bisa memicu masalah obesitas pada anak-anak.

Pakar kesehatan dari NYU School of Medicine menganalisa 10 acara televisi yang paling sering dilihat oleh anak-anak dan remaja dari usia 2 hingga 17 tahun. Hasilnya adalah, dari 173 produk yang diiklankan di acara-acara tersebut, 132 diantaranya adalah produk makanan dan minuman yang kurang sehat.

Beberapa jenis produk yang diiklankan adalah snack tidak sehat, minuman bersoda tinggi kalori, minuman beralkohol, minuman olahraga, dan soda diet. Iklan-iklan ini menarik perhatian anak muda dan membuat mereka lebih sering mengonsumsinya. Padahal, konsumsi makanan dan minuman tidak sehat ini akan memicu kenaikan berat badan.

Marie Bragg, PhD dari Population Health at NYU School of Medicine yang memimpin penelitian ini menyebutkan bahwa penemuan ini membuktikan bahwa iklan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat, khususnya bagi generasi muda. Ia pun menyarankan acara-acara olahraga untuk lebih baik dalam mempromosikan gaya hidup sehat, termasuk dalam hal lebih selektif dalam memilih iklan-iklan yang bisa saja menawarkan makanan atau minuman yang kurang sehat.

Kalau Sobat Sehat biasanya tertarik tidak saat melihat iklan makanan atau minuman yang terlihat enak?