Hati-Hati, 7 Ikan Ini Justru Tak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil!

Ikan-dilarang-ibu-hamil-doktersehat-1

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata ikan, Anda tentu sepakat jika ikan adalah bahan makanan yang sehat, ya? Bahkan kampanye untuk makan ikan, belakangan kian gencar digalakkan dan sudah mulai mendapatkan banyak perhatian masyarakat.

Ya, ikan adalah salah satu makanan berprotein hewani yang menjadi unggulan dan banyak dianjurkan. Tidak hanya karena mudah di peroleh di Indonesia, yang merupakan negara kepulauan, namun juga karena kandungan gizi dan manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis ikan yang dilarang dikonsumsi untuk ibu hamil?

doktersehat ikan dan avokad
Photo credit: Pexels by Dana

Sebagian besar ikan, memiliki kandungan gizi yang padat, yaitu protein hewani, vitamin, mineral, hingga omega 3. Ikan juga memiliki kandugan lemak jenuh yang rendah sehingga tidak meningkatkan kolesterol, selama diolah dengan metode masak yang rendah lemak.

Keunggulan ikan tersebut memang sangatlah baik utnuk ibu hamil, namun beberapa jenis ikan memiliki kandungan zat yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin selama kehamilan.

Kandungan pada ikan yang berbahaya untuk ibu hamil

Zat berbahaya yang terkandung pada ikan adalah zat merkuri. Menurut American Pregnancy, merkuri adalah suatu elemen air dalam jumlah besar, misalnya lautan atau danau.

Merkuri, atau disebut metilmercuri jika ditemukan pada air dan dalam tubuh ikan, merupakan zat yang bersifat neurotoxin atau dapat meracuni sistem saraf.

Kandungan merkuri ini meskipun tergolong sedikit pada ikan, namun tetap berbahaya untuk tubuh.

Jika terus menerus dikonsumsi, ikan yang mengandung merkuri, apalagi yang memiliki kanudngan merkuri golongan tinggi, akan meracuni sistem saraf dan otak ibu hamil serta mengganggu proses tumbuh kembang otak janin.

Lantas, apa saja ikan yang banyak mengandung merkuri?

Food Drug Administration mengeluarkan daftar kandungan ikan yang banyak mengandung merkuri dan harus dihindari konsumsinya yang berlebihan, yaitu:

  1. Ikan hiu
  2. Ikan king makarel
  3. Ikan tilefish
  4. Ikan swordfish
  5. Ikan marlin
  6. Ikan orange roughy, dan
  7. Bigeye tuna

Ketujuh jenis ikan di atas merupakan ikan yang kandungan merkurinya tinggi karena tergolong ikan predator yang kerap memangsa ikan lain.

Ikan-ikan kecil yang dimangsa, yang juga memiliki kandungan merkuri, akan membuat kandungan merkuri menumpuk dan menjadi tinggi pada 7 jenis ikan di atas.

Selain 7 jenis ikan di atas, beberapa jenis ikan yang disebut memiliki kandungan merkuri sedang dan tergolong cukup sering dikonsumsi adalah ikan salmon, ikan kod, dan ikan nila.

doktersehat-salmon
photo credit : pexels.com

Di Indonesia sendiri, ikan dengan kandungan merkuri sedang termasuk cukup sering dikonsumsi karena mudah diperoleh. Untuk itu ibu hamil sebaiknya mulai membatasi asupan ikan dengan kandungan merkuri yang tergolong sedang hingga tinggi, ya.

Jenis ikan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil

Beberapa jenis ikan yang dilarang di atas bukan berarti menghalangi konsumsi ibu hamil untuk makan ikan. Berbagai asosiasi kesehatan di luar dan dalam negeri tetap menganjurkan ikan sebagai salah satu sumber protein harian.

Ibu hamil sebaiknya makan ikan sebanyak 3-4 porsi dalam satu minggu dan dalam jenis yang bervarasi.

doktersehat-salmon
pic credit: jules

Beberapa jenis yang baik dikonsumsi ibu hamil karena kandungan omega 3 dan proteinnnya yang tinggi, adalah: ikan tuna selain jenis bigeye tuna, sarden, makarel selain king makarel, ikan herring, ikan teri, dan ikan tongkol.

Nah, kini Anda sudah tahu, apa saja jenis ikan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, bukan?