Awas! 8 Jenis Ikan Ini Malah Bahaya bagi Kesehatan

daging-ikan-doktersehat
Photo Source: Flickr/Marco Verch

DokterSehat.Com– Kampanye “Ayo, makan ikan!” sedang gencar digalakkan oleh pemerintah. Selain membantu nelayan mendapatkan kemakmuran karena hasil tangkapannya laris-manis, makan ikan juga akan membantu tubuh mendapatkan nutrisi sehat dan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan makan daging merah. Hanya saja, tidak semua ikan ternyata baik untuk dimakan. Ada beberapa jenis ikan yang bahaya bagi kesehatan dan memberikan efek samping jika terlalu sering dikonsumsi.

8 jenis ikan yang bahaya bagi kesehatan dan sebaiknya tidak dikonsumsi

Ternyata, ada banyak jenis ikan yang sepertinya memiliki rasa yang nikmat namun ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh jika sering dikonsumsi. Berikut beberapa jenis ikan yang bahaya bagi kesehatan:

  1. Ikan todak

Ikan todak atau swordfish ternyata sebaiknya tidak dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh kandugan merkuri di dalam ikan laut ini yang sangat tinggi. Jika kita menangkap ikan todak dengan ukuran yang besar atau terlihat sudah tua, bisa jadi kadar merkurinya sudah jauh melebihi batas aman dan bisa membahayakan kesehatan.

Selain adanya kandungan merkuri yang tinggi, proses penangkapan ikan todak yang memakai long line disebut-sebut berbahaya bagi kelestarian alam.

  1. Ikan gindara

Ikan gindara dikenal luas memiliki daging dengan rasa yang lezat. Sayangnya, termasuk ikan yang bahaya bagi kesehatan karena di dalam daging ikan ini memiliki kandungan lemak berjenis gempylotoxin. Meskipun bisa membuat rasanya menjadi lebih nikmat, kandungan ini bisa memberikan efek kurang baik bagi pencernaan, khususnya organ usus. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk membatasi konsumsi makanan ini sebanyak 6 ons saja.

  1. Ikan hiu

Kita tentu sering mendengar berita yang menyebutkan bahwa sirip ikan hiu laris-manis dijadikan makanan di berbagai negara, bukan? Rasanya memang enak, tapi kandungan merkuri di dalam hiu sangatlah tinggi sehingga sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi.

  1. Ikan tuna sirip biru

Ikan tuna dikenal dengan rasanya yang sangat nikmat. Bahkan, banyak produk kalengan dari daging ikan ini yang dijual di pasaran. Hanya saja, khusus untuk ikan tuna sirip biru sebaiknya tidak kita konsumsi karena memiliki kandungan merkuri yang sangat tinggi.  Pakar kesehatan pun lebih menyarankan untuk mengonsumsi ikan tuna albacore yang lebih aman.

  1. Ikan salmon

Ikan salmon juga dikenal sebagai salah satu daging ikan paling lezat dan paling kaya akan nutrisi menyehatkan. Hanya saja, terdapat dua jenis ikan salmon yang dijual di pasaran, yakni ikan salmon yang ditangkap secara liar dan ikan salmon yang dibudidayakan.

Khusus untuk ikan salmon yang dibudidayakan, ternyata salmon salah satu jenis ikan yang bahaya bagi kesehatan karena biasanya diberi makanan yang memiliki kandungan antibiotik. Meskipun tujuannya baik, yakni mencegah datangnya penyakit pada ikan salmon, hal ini justru membuat kandungannya menjadi kurang baik bagi kesehatan.

  1. Ikan Orange Roughy

Ikan yang langka dan sudah hampir punah ini ternyata juga memiliki kandungan merkuri yang sangat tinggi. Mengingat ikan ini bisa hidup sampai usia 100 tahun, tentu bisa dibayangkan berapa banyak kandungan merkurinya jika kita mengonsumi daging ikan ini.

  1. Ikan Chilean Sea Bass

Ikan yang memiliki nama lain ikan kakap cile ini dianggap sebagai salah satu ikan dengan rasa daging paling enak dan berharga mahal. Sayangnya, kandungan merkurinya sangat tinggi sehingga dianggap bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi.

  1. Ikan mahi-mahi

Ikan dengan warna hijau ini memiliki kandungan beracun bernama asam amino histidin yang bisa menyebabkan gejala alergi.