Ikan Salmon Bisa Turunkan Tekanan Darah?

ikan-salmon-doktersehat
Photo Source: pexels.com

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang patut untuk diwaspadai siapa saja adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Masalahnya adalah penyakit ini cenderung tidak menunjukkan gejala yang jelas hingga akhirnya menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk menjaga gaya hidup sehat, khususnya dalam hal memilih makanan-makanan yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah.

Manfaat makan ikan salmon bagi tekanan darah

Banyak orang yang berpikir jika makanan sehat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah adalah yang terbuat dari bahan nabati layaknya sayur atau buah-buahan. Memang, hal ini benar adanya. Kandungan serat yang tinggi di dalam sayur, buah-buahan, atau bahkan biji-bijian layaknya gandum bisa membantu menyehatkan pembuluh darah sekaligus menurunkan tekanan darah. Hanya saja, ternyata ada makanan dari bahan hewani yang juga bisa memberikan manfaat yang sama. Makanan tersebut adalah ikan salmon.

American Heart Association menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi daging ikan laut yang kaya akan asam lemak omega 3 jika ingin memperkuat jantung dan pembuluh darah. Jika kita mengonsumsi dua kali saja dalam sepekan, maka risiko terkena peradangan dan tekanan darah tinggi bisa ditekan dengan signifikan. Bahkan, kandungan asam lemak omega 3 di dalam ikan laut seperti salmon juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

Ikan salmon juga terbukti memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa membantu penyerapan kalsium yang berimbas pada kesehatan tulang dan gigi yang semakin baik dan mencegah datangnya masalah psikologis seperti depresi.

Hanya saja, kita juga harus cermat dalam mengolah ikan salmon jika ingin mendapatkan manfaat kesehatannya. Sebaiknya kita tidak menggorengnya, apalagi menambahkan tepung karena justru bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Makanan lain yang bisa membantu menurunkan tekanan darah

Selain ikan salmon, pakar kesehatan menyebut ada beberapa makanan lezat lain yang ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, lho.

Berikut adalah makanan-makanan lezat tersebut.

  1. Cokelat

Cokelat yang nikmat dan disukai siapa saja ini ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hanya saja, pastikan bahwa cokelat yang kita pilih adalah cokelat dengan kandungan kakao 70 persen atau cokelat hitam. Cokelat jenis ini memiliki kandungan senyawa flavanol yang berperan layaknya antioksidan. Kandungan ini bisa membantu mengendalikan tekanan darah, kolesterol, dan fungsi otak.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsinya kurang dari satu ons setiap hari demi mendapatkan manfaat tersebut.

  1. Susu

Susu seringkali dianggap sebagai minuman yang membuat gemuk. Padahal, anggapan ini tidaklah benar. Asalkan dikonsumsi dengan porsi yang tepat, susu justru bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk dalam hal membuat tekanan darah menurun.

Penelitian membuktikan bahwa rutin mengonsumsi susu rendah lemak atau produk turunan susu lainnya seperti yoghurt rendah gula bisa menurunkan risiko terkena hipertensi hingga 50 persen lebih rendah.

  1. Buah beri

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Florida State University dan dipimpin oleh Sarah Johnson, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi buah beri biru bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

  1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, selada, lobak hijau, dan lain-lain sering dijadikan lauk saat makan. Tak disangka, sayuran-sayuran ini ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, lho. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan kalium dan magnesium di dalamnya. Kandungan inilah yang memberikan pengaruh positif bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.