Terbit: 14 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penderita asam urat harus menjaga pola makannya setiap hari. Caranya adalah dengan membatasi asupan makanan yang kaya akan purin demi mencegah penumpukan kristal asam urat yang berimbas pada datangnya serangan penyakit ini di persendian. Hanya saja, ada satu jenis makanan yang justru sangat direkomendasikan oleh penderita asam urat. Makanan ini dikenal memiliki rasa yang enak, yakni olahan dari ikan patin.

Ikan Patin Bermanfaat Bagi Penderita Asam Urat

Ikan patin termasuk dalam ikan yang hidup di perairan tawar dan masih satu keluarga dengan ikan lele karena memiliki kumis. Hanya saja, nilai ekonomisnya dianggap jauh lebih baik dibandingkan dengan ikan lele.

Jika kita membahas tentang nutrisinya, ikan patin kaya akan kandungan protein dan kalori. Hanya saja, kadar kolesterolnya cukup rendah dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya. Selain itu, kadar purinnya juga termasuk rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ikan patin bisa memberikan efek buruk bagi penderita asam urat. Hanya saja, mereka memang harus mengolahnya dengan cara yang tepat agar bisa mendapatkan manfaat kesehatannya. Sebagai contoh, akan jauh lebih baik jika ikan patin diolah dengan cara direbus atau dikukus. Jika kita menggorengnya atau bahkan menjadikannya makanan yang kaya akan santan, dikhawatirkan patin akan memiliki kandungan lemak jahat dan kolesterol yang tinggi, sesuatu yang bisa berbahaya bagi penderita asam urat.

Jika kita mengonsumsi ikan patin yang diolah dengan cara yang tepat, maka kita pun akan mendapatkan kandungan kalsium dan lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan tulang dan mampu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini tentu akan berimbas positif pada semakin lancarnya peredaran darah dan menurunnya risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Rajin makan ikan patin juga akan membantu kita menjaga berat badan tetap ideal, membuat kadar hemoglobin tetap dalam kondisi normal, dan menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker karena adanya kandungan anti kanker di dalamnya.

Jadi, siapa bilang penderita asam urat tidak bisa lagi makan enak? Mereka masih bisa makan ikan patin yang dikenal luas memiliki rasa yang lezat kok.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi