Ikan Laut Berbahaya Bagi Penderita Hipertensi?

daging-ikan-doktersehat
Photo Source: Flickr/ralphandjenny

DokterSehat.Com– Ikan laut identik dengan rasa yang asin. Padahal, penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi harus berhati-hati dengan makanan asin karena kandungan garam di dalamnya bisa saja menyebabkan efek buruk bagi kondisi kesehatannya. Sebenarnya, apakah penderita hipertensi sebaiknya tidak mengonsumsi makanan asin?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penderita hipertensi dan penyakit ginjal harus menurunkan asupan garam setiap hari. Selain menurunkan pemberian garam di dalam makanan yang dikonsumsi, mereka juga harus menghindari penyedap makanan atau MSG dan sodium karbonat. Hal ini berarti, proses pengolahan makanan bagi penderita hipertensi harus benar-benar dicermati. Sebagai contoh, asupan garam dapur dalam sehari harus dibatasi maksimal 6 gram atau tidak sampai satu sendok teh.

Lantas, bagaimana dengan ikan laut? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa rasa asin dari ikan laut memang menandakan adanya kandungan natrium, namun secara umum ikan ini aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk penderita hipertensi. Pengecualian berlaku bagi ikan yang memang diolah dengan cara diasinkan terlebih dahulu. Ikan ini sudah memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga bisa membahayakan penderita hipertensi.

Penderita penyakit tekanan darah tinggi harus menerapkan diet yang tepat seperti membatasi jumlah kalori, protein, mineral, dan garam. Mereka juga harus mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah segar. Hal ini berarti, sayuran atau buah kalengan juga tidak direkomendasikan bagi penderita hipertensi. Selain itu, buah yang dipilih sebaiknya adalah yang kaya akan kandungan kalium yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah.

Menurunkan pemberian garam di dalam makanan seringkali dianggap membuat rasa makanan menjadi kurang mantap. Menurut pakar kesehatan, kita sebenarnya bisa menyiasatinya dengan menggunakan bumbu-bumbu atau rempah-rempah seperti bawang, jahe, kunyit, salam, kayu manis, dan lain-lain. Bumbu-bumbu ini tetap bisa membuat rasa masakan nikmat meski tidak memiliki kandungan garam yang tinggi.

Penderita hipertensi juga sebaiknya menghindari camilan tinggi gram seperti biskuit dan tidak lagi mengonsumsi saus tomat, terasi, petis, dan tauco karena memiliki kandungan garam tinggi yang tentu bisa membahayakan kondisi kesehatannya.