Ide Kegiatan Ayah dan Anak Untuk Bonding Time

ayah_anak_doktersehat

DokterSehat.Com– Kesibukan ayah tak jarang membuatnya tak punya waktu banyak untuk bermain bersama anak. Namun ayah harus menyempatkan waktu untuk bermain dan berinteraksi bersama anak atau bonding time. Dengan komunikasi dan interaksi yang baik, anak dapat memiliki tumbuh kembang yang baik.

Untuk memiliki bonding time dengan anak, tak perlu mengajaknya pergi ke tempat wisata yang mewah, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sekitar rumah yang dapat mempererat hubungan ayah dan anak.

Membacakan buku cerita
Membacakan dongeng atau buku cerita bisa meningkatkan perkembangan bahasa anak, khususnya anak perempuan. Membacakan cerita dapat membuat anak kaya akan kosakata dan membangun ikatan emosional antara anak dan ayahnya. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ayah biasanya lebih imajinatif saat membacakan cerita untuk anaknya. Selain itu membacakan cerita untuk anak juga dapat mengurangi tingkat stres pada ayah.

Berenang
Untuk mengajak anak berenang, tak perlu mengajaknya ke tempat yang jauh dan punya banyak permainan. Cukup pergi ke kolam renang terdekat dari rumah dan biarkan ayah bermain bersama anak-anak. Sesekali membiarkan ayah pergi bersama anak-anak juga dapat melatih ayah untuk bertanggung jawab pada anak-anaknya.

Jalan pagi
Saat akhir pekan, ayah bisa mengajak anak untuk jalan pagi. Sambil jalan pagi ayah bisa bercerita banyak dengan anak, atau sebaliknya, mendengarkan anak untuk bercerita. Ayah juga bisa menjelaskan banyak hal yang dilihat selama jalan pagi untuk pembelajaran anak.

Bermain alat musik dan bernyanyi

Saat di rumah, ayah bisa memainkan gitar, piano, atau alat musik yang tersedia di rumah dan bernyanyi bersama anak. Kegiatan ini selain menyenangkan juga merangsang kreativitas dan minat anak.

Main game

Ayah dapat mengajak anak bermain permaianan apa pun. Mulai dari permainan tebak-tebakan, bermain board game hingga bermain game console. Bermain game bermanfaat untuk menambah wawasan anak, melatih strategi dan meredakan stres. Namun pastikan jenis permainan yang dimainkan sesuai dengan usia anak.

Berkebun
Ayah dapat mengajak anak berkebun untuk mengajari anak lebih cinta lingkungan. Selain itu saat berkebun anak juga dapat belajar mengenal beberapa jenis tanaman dan bagaimana merawatnya. Jika anak ikut berkebun, jangan lupa gunakan sarung tangan plastik dan mencuci tangan dan kaki yang bersih setelah berkebun.

Tentunya masih banyak lagi ide kegiatan antara ayah dan anak yang bisa Anda lakukan di rumah. Anda bisa menyesuaikannya dengan minat dan kondisi keluarga di rumah. Terkadang yang terpenting adalah bukan jenis kegiatannya, namun bagaimana ayah dapat menghabiskan waktu bersama anak dan keluarga di rumah.