Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Hamil setelah melangsungkan pernikahan memang menjadi impian banyak wanita. Namun, saat wanita hamil ada banyak sekali pantangan yang tidak boleh dilakukan yang dipercaya dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan ibu dan bayi yang sedang dikandung. Tak hanya untuk wanita hamil saja, ibu menyusui juga memiliki banyak sekali pantangan yang harus di hindari.

Ibu Menyusui Minum Air Es, Aman atau Tidak?

Pernahkah Anda mendengan mitos bahwa wanita hamil tidak dianjurkan untuk meminum es karena dapat membuat janin dalam perut membesar? Ada juga mitos yang mengatakan bahwa ibu menyusui juga dilarang minum es karena tidak baik untuk kesehatan ASI, yang nantinya akan di minum oleh bayi.

Sebenarnya, mitos tersebut tidak sepenuhnya benar namun juga tidak seharusnya disepelekan. Pasalnya, selama proses menyusui, ibu tidak boleh makan atau minum sembarangan agar si buah hati tetap sehat karena ASI yang disusuinya.

Berdasarkan mitos di atas, bahwa ibu menyusui tidak boleh minum es karena akan membuat bayi menjadi flu. Akan tetapi, fakta menunjukkan bahwa selama ini belum ada penelitian yang membenarkan mitos tersebut.

Jadi, minum es tidak memberikan pengaruh pada kesehatan bayi terutama flu. Hal ini karena flu atau influenza terjadi karena serangan virus yang bisa menular melalui udara yang masuk ke dalam sistem pernapasan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Minum es ketika sedang menyusui memang tidak akan membuat bayi flu karena es yang bersifat dingin ketika masuk ke dalam tubuh akan terasa hangat. Hal tersebut terjadi karena suhu tubuh hangat yakni sekitar 37-38 derajat celcius. Namun, pada kondisi tertentu terdapat bahaya yang mengintai.

Jika air es yang diminum ternyata mengandung virus atau bakteri, maka akan memicu terjadinya flu pada ibu. Seperti yang Anda ketahui bahwa flu dapat menular melalui udara. Jika ibu flu, kemungkinana besar bayi yang sedang disusui juga akan mengalami flu.

Selain menyebabkan flu, air es yang sudah terkontaminasi dengan virus dan bakteri juga akan menyebabkan ibu mengalami diare. Saat ibu diare, maka akan mengalami dehidrasi juga. Ibu yang mengalami dehisrasi akan berpengaruh pada produksi ASI yang akan berkurang, sehingga ASI yang diminum oleh bayi tidak tercukupi.

Berdasarkan penjelasan di atas, ibu menyusui masih bisa minum es dan tidak akan membuat bayi terkena flu, asalkan tidak berlebihan dan kebersihan pada air es yang akan diminum harus diperhatikan terlebih dahulu agar tidak ada virus dan bakteri yang masuk.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi