Terbit: 6 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seorang ibu menyusui butuh asupan gizi yang baik agar dapat memproduksi ASI yang optimal bagi anak. Karena itu ibu menyusui disarankan makan makanan yang sehat. Namun menurut mitos yang beredar di masyarakat, ibu hamil sebaiknya tidak makan makanan tertentu karena dapat memengaruhi ASI. Benarkah mitos tersebut dan bagaimana fakta sebenarnya?

Ibu Menyusui Dilarang Makan Makanan Ini, Benarkah?

1. Makan ikan
Salah satu mitos yang beredar adalah jika ibu menyusui makan ikan, ASI akan menjadi amis. Faktanya, ikan adalah salah satu makanan terbaik bagi ibu menyusui karena mengandung asam lemak omega 3 yang baik bagi perkembangan otak bayi.

Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan ikan sebaiknya dalam kondisi segar. Ikan juga harus dipastikan tidak tercemar logam yang berbahaya. ASI tidak akan berubah menjadi amis hanya karena ibu menyusui makan ikan

2. Makan makanan pedas
Mitosnya, ibu menyusui dilarang makan makanan pedas karena dapat menyebabkan bayi diare. Makanan pedas yang dimakan ibu tidak akan membuat ASI menjadi pedas. Jika bayi diare setelah ibu makan makanan pedas, kemungkinan karena bayi alergi dengan zat capsaicin yang terdapat dalam cabai.

Ibu menyusui boleh saja makan pedas, asalkan tidak berlebihan. Konsumsi makanan pedas berlebihan dikhawatirkan menyebabkan diare yang memicu dehidrasi sehingga berpengaruh pada jumlah ASI yang dihasilkan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Minum kopi
Banyak anggapan ibu menyusui sebaiknya tidak minum kopi karena kafein dalam kopi dapat membuat bayi gelisah. Hal ini ada benarnya, karena kafein akan masuk ke dalam ASI, meskipun dalam jumlah yang sangat kecil, sekitar 1% dari jumlah kafein yang diminum ibu. Sebaiknya ibu menyusui membatasi jumlah asupan kafein agar tidak melebihi 300 mg per hari.

4. Minum es

Seringkali ibu menyusui disarankan untuk tidak minum es karena dapat membuat ASI menjadi dingin dan membuat bayi pilek. Faktanya, ASI yang keluar akan disesuaikan dengan suhu tubuh manusia normal, yaitu sekitar 37 derajat celcius. ASI tidak terpengaruh dengan suhu makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh ibu. Jika bayi pilek, hal ini biasanya disebabkan oleh virus, akibat penularan lewat udara dan daya tahan tubuh bayi belum sempurna untuk melawan virus tersebut.

5. Minum obat pereda nyeri
Beberapa obat seperti ibuprofen, paracetamol, dan naproxen umumnya aman untuk ibu menyusui. Namun, beberapa obat seperti dekongestan dapat menurunkan produksi ASI dan antihistamin dapat membuat ibu mengantuk. Jika Anda sakit, sebaiknya periksakan diri ke dokter dan tanyakan obat apa yang aman untuk ibu menyusui.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi