DokterSehat.Com– Ibu menyusui harus menjaga kesehatan agar dapat menyusui bayinya dengan baik. Namun terkadang ibu menyusui bisa juga terkena flu sehingga khawatir bayinya tertular. Untuk meredakan gejala flu, banyak ibu yang memilih minum obat flu secara bebas padahal tidak semua obat flu aman dikonsumsi ibu menyusui. Lalu bagaimana memilih obat flu yang aman untuk ibu menyusui?

doktersehat-flu-pilek-infeksi-otak

Sebelum memilih obat flu, Anda harus mengetahui kandungan yang ada dalam obat tersebut dan gejala apa yang Anda rasakan. Pilih obat flu yang hanya mengandung satu bahan aktif dan untuk mengobati satu gejala saja. Biasanya Anda akan membutuhkan obat dekongestan untuk meredakan gejala flu seperti hidung tersumbat.

Terdapat perbedaan pendapat dari para ahli tentang penggunaan obat dekongestan pada ibu menyusui. Obat dekongestan mengandung pseudoephedrin atau phenylephrine yang dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga dikhawatirkan dapat memengaruhi produksi ASI. Sebagian berpendapat bahwa masih perlu penelitian lebih lanjut tentang hubungan antara kedua zat tersebut dengan ASI. Teori lain mengatakan bahwa setelah produksi ASI lancar, produksi ASI tidak akan terpengaruh oleh pseudoephedrin atau phenylephrine. Karena itu para ahli dan American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa pseudoephedrin atau phenylephrine aman digunakan bagi ibu menyusui.

Selain pseudoephedrin dan phenylephrine, kandungan lain dalam obat flu adalah dextromethorphan yang berfungsi mengobai batuk yang menyertai flu. Kandungan obat ini termasuk aman bagi ibu menyusui. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan atau flu, Anda mungkin membutuhkan obat dengan kandungan acetaminophen, ibuprofen atau naproxen sodium, ketiga zat ini aman bagi ibu menyusui.

Jika Anda ragu dengan obat yang akan Anda konsumsi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum obat flu. Untuk membantu meredakan gejala flu, Anda bisa mengoleskan balsem untuk menghangatkan tubuh. Pastikan Anda tidak mengoleskan balsem di daerah yang akan bersentuhan langsung dengan bayi untuk mencegah balsem tersebut tertelan oleh bayi.

Untuk mencegah bayi tertular flu, Anda dapat menggunakan masker selama sakit. Hindari bersin di dekat bayi atau berbagi alat makan dengan bayi. Selalu jaga kebersihan saat akan menyusui bayi dengan cara membersihkan payudara dan tangan sebelum memegang bayi. Tak perlu khawatir menyusui saat flu karena bayi justru akan mendapatkan antibodi dari penyakit yang sedang Anda derita.