Penting bagi Ibu Hamil, Sering Makan Telur Beri Manfaat & Bahaya Ini

DokterSehat.Com– Coba perhatikan berapa banyak ibu mengonsumsi telur saat hamil? Anda tentu sepakat ya, jika telur merupakan salah satu bahan makanan bergizi dan praktis.

Tak heran jika telur menjadi banyak dipilih oleh ibu hamil sebagai menu harian, sehingga menjadi makanan berprotein yang sering dikonsumsi. Lantas, apa saja sih manfaat konsumsi telur bagi ibu hamil dan adakah bahayanya?

Kandungan zat dan gizi yang ada pada telur

Seperti yang kita ketahui, telur merupakan bahan makanan berprotein hewani yang mudah diperoleh serta diolah. Telur cocok dimasak dalam banyak metode, dijadikan menu utama maupun sampingan hingga jajanan.

Metode-sehat-masak-telur-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Trevor King

Telur merupakan pilihan makanan bergizi yang tidak hanya kaya protein hewani, namun juga vitamin dan mineral yang cukup baik, yaitu vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, selenium, asam folat, dan zink.

Akan tetapi, telur juga kerap dipandang sebagai bahan makanan yang berbahaya karena kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi.

Manfaat sering konsumsi telur bagi ibu hamil

Dengan adanya kandungan zat dan gizi yang ada pada telur tersebut, lalu apa saja manfaat jika ibu hamil sering mengonsumsi telur?

Beberapa manfaat yang akan diperoleh ibu hamil jika mengonsumsi telur diperoleh dari padatnya kandungan gizinya, adalah:

1. Bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalori dan protein hewani ibu yang meningkat

Dengan mengonsumsi telur, asupan kebutuhan energi harian ibu hamil yang sedang tinggi bisa terpenuhi.

doktersehat telur bisulanNafsu makan ibu hamil yang kerap mengalami perubahan membuat telur menjadi pilihan makanan yang padat gizi karena cenderung memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga mudah dikonsumsi ibu hamil saat nafsu makannya sedang berkurang.

Kandungan kalori dan protein yang tinggi membuat konsumsi satu telur dalam 1-2 hari sekali untuk ibu hamil dikampanyekan oleh berbagai lembaga kesehatan dan gizi yang berfokus pada gizi ibu hamil.

2. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral janin

Tidak hanya untuk ibu hamil, konsumsi telur juga penting untuk memenuhi kebutuhan gizi, utamanya vitamin dan mineral tubuh janin. Ibu hamil yang kebutuhan kalori dan proteinnya terpenuhi berarti mampu mencukupi pula kebutuhan harian janinnya.

hamil-suara-berubah-doktersehat-1
Designed by Freepik

Vitamin dan mineral menjadi salah satu zat gizi yang penting dan vital pemenuhannya untuk kebutuhan tumbuh kembang organ dan sistem tubuh janin.

3. Penting untuk tumbuh kembang otak janin

Telur memiliki kandungan protein dan lemak yang cukup lengkap, hal ini membuat kandungan protein dan lemak turunan, yang penting untuk otak janin bisa dipenuhi dengan mengonsumsi telur.

Manfaat telur untuk tumbuh kembang otak janin juga diperoleh dari adanya kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan bagi saraf otak dan sum-sum tulang belakang.

Bahaya ibu hamil terlalu sering mengonsumsi telur

Itu dia berbagai manfaat yang akan diperoleh ibu hamil saat mengonsumsi telur. Lalu, apakah ada bahaya jika ibu hamil jadi terlalu sering mengonsumsi telur?

Perlu diketahui, kandungan kolesterol yang tinggi dinilai tidak berbahaya untuk ibu hamil, selama ibu hamil tidak memiliki gangguan kesehatan terkait kadar lemak darah.

Kolesterol yang ada pada telur telah terbukti tidak banyak berkontribusi pada kenaikan kadar lemak jahat karena kadar lemak baik dalam tubuh juga naik saat mengonsumsi telur.

Akan tetapi bahaya bisa terjadi jika ibu hamil tidak memerhatikan tingkat kematangan telur saat akan mengonsumsinya.

memasak-telur-doktersehat
Photo Credit: pexels. com

Telur yang dikonsumsi setengah matang atau tidak matang sempurna berisiko memiliki kontaminasi bakteri salmonela yang berbahaya untuk ibu hamil. Kondisi ini akan berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Sehingga, ibu hamil harus memastikan tingkat kematangan telur yang sempurna sebelum mengonsumsinya, ya.