Ini Alasan Kenapa Ibu Hamil Sering Ngidam Mangga Muda

ibu-hamil-ngidam-mangga-muda-doktersehat

DokterSehat.Com – Ibu hamil sangatlah identik dengan ngidam. Masyarakat umum sudah sangat memaklumi bila melihat ibu hamil yang sedang ngidam. Hal ini dikarenakan ngidam merupakan sebuah kenyataan yang dialami oleh hampir semua ibu hamil. Tidak semua ibu hamil memiliki jenis ngidam yang sama.

Pada umumnya, jenis ngidam yang biasa dialami oleh ibu hamil berupa makanan dan minuman. Akan tetapi, kadang kala kita melihat atau mendengar ibu hamil yang ngidam sesuatu yang bukan makanan. Contoh ngidam yang tidak umum ini seperti ngidam benda-benda tertentu, ngidam travelling, ngidam nonton, dan lainnya. Benarkah ini juga termasuk ngidam?

Apa sih artinya ngidam?

Mengidam atau ngidam adalah keinginan yang sangat kuat terhadap makanan, benda, atau hal-hal tertentu. Berdasarkan pengertian ngidam ini maka ngidam selain makanan pun juga termasuk ngidam.

Inti utama dari ngidam itu terletak pada perasaan ingin yang sangat kuat bukan apa yang diidamkan. Walau memang ngidam yang sering terjadi pada ibu hamil adalah ngidam makanan dan minuman tertentu.

Penyebab ngidam saat hamil

Sekarang Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan ngidam. Hal berikutnya yang pasti ingin Anda ketahui adalah penyebab dari ngidam saat hamil. Apa saja sih penyebab ngidam saat hamil itu?

Pendapat pertama mengatakan bahwa penyebab ngidam saat hamil dikarenakan oleh perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Sudah disinggung sebelumnya bahwa ngidam adalah tentang perasaan. Hormon adalah salah satu faktor yang sering kali mempengaruhi perasaan.

Selain itu, ada pendapat lain yang mengatakan bahwa ngidam disebabkan oleh reaksi tubuh atas kekurangan zat-zat gizi tertentu seperti vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya. Dan pendapat pertama merupakan pendapat terkuat dari penyebab ngidam saat hamil.

Baca juga: Begini Cara Hadapi Ngidam yang Sehat saat Hamil

Ibu hamil seringnya ngidam makanan apa?

Kenyataan di lapangan telah menunjukkan bahwa ibu hamil sering kali ngidam makanan-makanan asam. Makanan-makanan asam tersebut seperti rujak, yogurt, jus buah, buah-buahan tertentu, dan lainnya.

Ibu hamil cenderung untuk ngidam jenis makanan asam yang berbahan dasar buah. Buah yang sering kali diidamkan oleh ibu hamil tentunya buah-buahan yang bersifat asam. Contoh buah-buahan asam itu seperti buah mangga, buah ceremai, buah jeruk, buah kedondong, buah jambu, dan buah lainnya yang memiliki citarasa asam.

Di antara buah-buahan asam tersebut, buah mangga merupakan buah yang acap kali diincar oleh banyak ibu hamil. Para ibu hamil tentunya menyukai jenis buah mangga yang asam. Dan jenis buah mangga asam yang biasa diinginkan oleh ibu hamil adalah mangga muda. Ya, mangga muda sangat identik dengan ngidamnya ibu hamil.

Kenapa ibu hamil ngidam mangga muda?

Bagi sebagian besar ibu hamil, mangga muda merupakan buah yang sering kali menjadi makanan yang sangat diinginkan. Sebenarnya kenapa sih para ibu hamil sering ngidam mangga muda? Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa ibu hamil ngidam mangga muda:

1. Ingin makan yang asam-asam

Saat hamil, para wanita cenderung untuk menyukai makanan yang asam-asam. Hal ini dikarenakan rasa mual yang tengah dialami membuat para ibu hamil sangat menginginkan makanan yang segar. Dan makanan yang segar itu terwakili oleh makanan yang memiliki citarasa asam. Dan makanan asam yang sering membuat ibu hamil ngidam adalah mangga muda.

2. Sugesti terhadap mangga muda

Selain karena penyebab alamiah, para ibu hamil telah tertanam bahwa untuk mengatasi rasa mual adalah dengan mengonsumsi buah mangga muda. Hal ini bahkan sudah tertanama di dalam diri ibu hamil sebelum dia mengalami masa kehamilan.

3. Banyak yang ngidam mangga muda

Ngidam? Ya mangga muda. Mungkin itu yang sering kita lihat pada kenyataannya. Para ibu hamil yang ngidam buah mangga muda terbilang cukup banyak. Anda bahkan sudah mengetahuinya sebelum mengalaminya. Fakta ini pun membuat Anda sering kali ikut-ikutan ngidam mangga muda karena banyak yang melakukannya.

Baca juga: Mangga Muda, Buah Asam yang Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

4. Pengalaman setelah makan mangga muda

Ada juga ibu hamil yang ngidam mangga muda karena berdasarkan pengalaman mereka, mangga muda bisa membantu mengatasi rasa mual. Pengalaman ini tidak hanya dari pengalaman sendiri tetapi bisa juga dari pengalaman orang lain.

5. Mengetahui manfaat mangga muda untuk ibu hamil

Selain karena alasan yang bersifat psikis, ada juga ibu hamil yang ngidam mangga muda dikarenakan dia tahu akan manfaat buah mangga muda itu. Beberapa contoh manfaat mangga muda adalah untuk mengatasi sembelit, mencegah sariawan, menetralisir asam lambung, dan juga untuk meningkatkan sistem imun.

6. Sebagai bentuk keanehan saat hamil

Perubahan hormon bisa membuat ibu hamil mengalami beberapa keanehan. Ada juga ibu hamil yang sebenarnya tidak menyukai makanan tertentu pada saat dia tidak hamil. Dan pada saat dia sedang hamil, dia menjadi suka makanan tersebut. Hal ini bisa menjadi penyebab bagi wanita yang awalnya tidak suka makanan asam tetapi ngidam saat hamil.