Ibu Hamil Naik Kereta: Risiko dan Tips Aman

berbagai-risiko-dan-tips-aman-bagi-ibu-hamil-naik-kereta-doktersehat

DokterSehat.Com – Tidak sedikit orang yang melakukan perjalanan darat dengan naik kereta baik kereta jarak jauh maupun jarak dekat. Ibu hamil pun tak luput terlihat sebagai pengguna kendaraan massal ini. Mungkin hal ini sudah menjadi pemandangan umum saat melihat ibu hamil naik kereta.

Bagi sebagian orang, ibu hamil sebaiknya tidak naik kereta. Hal ini dikarenakan beberapa hal yang bisa menjadi risiko bagi ibu hamil yang naik kereta. Risiko ini bisa saja terjadi oleh karena itu diharapkan memperhatikan juga beberapa tips aman naik kereta bagi ibu hamil. Baca terus untuk mengetahui risiko dan tips aman naik kereta bagi ibu hamil.

Risiko naik kereta bagi ibu hamil

Sebelum mengetahui tips aman naik kereta bagi ibu hamil, sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu risiko apa saja yang mungkin terjadi bila ibu hamil naik kereta. Berikut risiko ibu hamil yang naik kereta :

1. Sulit bernapas

Ibu hamil yang bekerja dengan menggunakan transportasi kereta cenderung akan naik kereta bersama para pekerja yang lain. Arus pulang dan pergi para pekerja adalah waktu di mana kondisi kereta sangat padat. Akibat kepadatan ini, ibu hamil bisa mengalami kesulitan bernapas di dalam kereta.

Padahal pada saat hamil, usahakan untuk menghindari kondisi di mana ibu hamil sulit bernapas. Hal ini dikarenakan selama masa kehamilan, ibu hamil cenderung pusing dan sakit kepala. Jadi, apabila ibu hamil memaksakan diri naik kereta yang penuh maka ia akan semakin pusing dan sakit kepala.

Baca juga : Tips Mudik yang Aman untuk Wanita yang Sedang Hamil

2. Perut tertekan

Pada kondisi arus padat di stasiun, ada kemungkinan perut ibu hamil tertekan dari berbagai arah. Anda bisa bayangkan bila tiba saat para pekerja pergi ke kantor dan pulang kantor, mereka menjadi sangat ‘ganas’ untuk bisa mendapatkan tempat duduk.

Dan bila Anda memaksakan diri untuk naik kereta yang penuh ini maka perut Anda akan terdorong sana sini. Kondisi ini pasti sangat berbahaya bagi Anda dan janin. Janin akan mengalami tekanan pada organ-organnya yang masih lemah.

3. Mual yang bertambah

Ibu hamil yang naik kereta jarak jauh bisa berisiko mual berlebih akibat perjalanan jauh yang ditempuh. Rasa mual yang alami ada pada masa kehamilan akan semakin diperparah oleh rasa mual akibat perjalanan jauh. Ketidaknyamanan pada bagian perut akan membuat ibu hamil menderita sepanjang perjalanan

4. Lelah berdiri

Kursi prioritas di dalam kereta bagi ibu hamil memang sudah lama ada di Indonesia. Akan tetapi, hal ini tidak menjamin Anda pasti selalu mendapatkan kursi setiap kali naik kereta. Adakalanya Anda tidak bisa mendapatkan tempat duduk, seperti saat arus kereta sedang padat.

Anda terpaksa harus berdiri sampai ada kursi kosong atau sampai Anda tiba di tujuan. Kondisi ini sudah pasti membuat Anda yang sedang hamil mengalami kelelahan pada kaki dan juga bertambahnya rasa pusing dan sakit kepala. Kelelahan cukup memberikan dampak negatif bagi Anda dan janin.

Tips aman naik kereta bagi ibu hamil

Setelah Anda mengetahui beberapa risiko naik kereta bagi ibu hamil maka Anda sudah mengetahui hal-hal yang berisiko tersebut dan menghindarinya. Sebenarnya, sah-sah saja bagi ibu hamil untuk naik kereta apabila ibu hamil tahu apa yang sebaiknya dilakukan seperti tips-tips di bawah ini.

1. Hindari naik kereta saat arus padat

Para ibu hamil sebaiknya menghindari naik kereta saat arus kereta sangat padat. Anda sudah mengetahui risiko-risiko yang bisa terjadi pada ibu hamil bila naik kereta saat arus padat. Pergi lebih pagi atau pulang telat sedikit tetapi aman akan lebih baik bagi ibu hamil yang ingin naik kereta.

2. Berilah sinyal bahwa Anda sedang hamil

Memberi tahu bahwa Anda sedang hamil sangatlah penting di mana pun Anda berada. Dengan begitu, orang-orang di sekitar akan lebih peka dan memperlakukan Anda selayaknya ibu hamil. Hal ini tentunya bisa mencegah hal yang tidak diinginkan pada Anda.

3. Mintalah tempat duduk

Janganlah ragu untuk meminta tempat duduk bila Anda memang sedang hamil. Sudah menjadi sebuah aturan bahwa ibu hamil harus mendapatkan tempat duduk di semua jenis kendaraan. Orang di sekitar Anda pun juga akan menyadari hal tersebut. Anda juga bisa meminta bantuan petugas di kereta api untuk mencarikan Anda kursi kosong.

4. Bawalah cemilan dan air minum yang cukup selama di kereta

Ibu hamil yang naik kereta sebaiknya membawa makanan ringan dan air minum yang cukup selama di perjalanan. Hal ini dikarenakan ibu hamil cenderung cepat lapar dan membutuhkan asupan yang lebih banyak. Oleh karena itu, bawalah persediaan makanan dan minuman saat di kereta.

Baca juga: Kereta Klinik Pertama di Indonesia Pecahkan Rekor MURI

5. Siapkanlah minyak kayu putih atau lainnya untuk mengatasi rasa mual

Rasa mual saat hamil sudah tak bisa dielakan lagi. Namun, rasa mual ini bisa diatasi dengan minyak kayu putih atau minyak lainnya. Oleh karena itu, bawalah selalu beberapa perlengkapan Anda yang bisa mengatasi rasa mual saat hamil.

6. Pakailah pakaian dan sepatu yang nyaman

Ibu hamil yang naik kereta sebaiknya menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Hindarilah menggunakan sepatuh berhak tinggi dan pakaian yang terlalu ketat. Ini akan membuat Anda tidak nyaman saat di kereta bahkan membahayakan.