Amankah Ibu Hamil Makan Buah Anggur? Cek Penjelasannya

manfaat-anggur-untuk-ibu hamil-doktersehat
Credit: Pexels.com/Kai-Chieh Chan

DokterSehat.Com– Salah satu mitos soal kehamilan yang sering diperbincangkan banyak orang adalah wanita yang sedang hamil tidak boleh mengonsumsi anggur. Tentu, hal ini berlawanan dengan beberapa penelitian yang mengatakan bahwa ibu hamil harus banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Salah satunya manfaat buah anggur untuk ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Anggur?

Seperti dilansir MomJunction, adanya manfaat buah anggur untuk ibu hamil, karena buah ini yang memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan saat kehamilan. Sejumlah nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti: antioksidan, asam organik, serat, asam folat, dan pektin.

Namun, yang harus Anda waspadai adalah menghindari makan buah anggur di trimester terakhir karena anggur menghasilkan panas. Konsumsi anggur yang berlebihan dapat menjadi racun karena meningkatkan resveratrol, yaitu senyawa yang dihasilkan tanaman sebagai respons terhadap masuknya patogen atau penyakit. Untuk itu konsumsilah anggur sewajarnya.

Dalam dosis yang rendah, resveratrol dapat meningkatkan kelangsungan hidup sel, sedangkan dalam dosis yang tinggi, resveratrol akan meningkatkan kematian sel.

Fakta lainnya mengungkapkan, bahwa wanita pada zaman dahulu sangat menyukai anggur. Hal itu berdasarkan temuan arkeolog di beberapa lukisan Mesir tentang wanita dengan kumpulan buah anggur di sekelilingnya.

Sementara itu laman Livestrong mengungkapkan, bahwa mengonsumsi buah dan sayuran selama kehamilan adalah cara diet yang sehat. Secara umum, buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dibanding kandungan kalorinya.

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil dapat membantu menyediakan kebutuhan sel bagi janin yang sedang berkembang, karena anggur mangandung Vitamin dan mineral yang tinggi. Pada dasarnya, wanita hamil dapat mengonsumsi buah jenis apapun. Bahkan sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, buah-buahan berwarna cerah, terutama jika daging buahnya memiliki warna yang berbeda dengan kulitnya—memiliki molekul biologis aktif yang baik bagi tubuh.

Semakin terang buah, semakin banyak variasi phytochemical dan flavonoid di dalamnya. Kandungan tersebut berfungsi sebagai antiperadangan dan mendukung kesehatan sel-sel di dalam tubuh.

Mengingat janin di dalam tubuh membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang besar, mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kedua bahan tersebut dapat membantu kesehatan sel pada tubuh ibu dan janin.

Jadi, seperti yang telah dijelaskan dan ditanyakan di atas, bolehkah ibu hamil makan anggur? Anda bisa menyimpulkannya sendiri.

Sementara untuk meyakinkan buah anggur memiliki khasiat bagi kehamilan, selengkapnya simak manfaat buah anggur untuk ibu hamil di bawah ini.

10 Manfaat Buah Anggur untuk Ibu Hamil

Ibu hamil mengonsumsi buah anggur secara teratur ternyata bermanfaat untuk kondisi kesehatan, penampilan, dan perkembangan bayi. Selengkapnya simak manfaat buah anggur untuk ibu hamil, berikut ini:

1. Mengontrol artritis dan asma 

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu mengontrol radang sendi dan asma saat kehamilan, karena anggur memiliki sifat anti-inflamasi. Kemampuan anggur yang menghidrasi dapat meningkatkan kelembapan di paru-paru, sehingga menjauhkan dari penyakit asma.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Anggur kaya akan antioksidan seperti flavonol, anthocyanin, linalool, geraniol dan tannin, yang semuanya meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

3. Meredakan kram otot

Selama kehamilan, suplemen magnesium biasanya diresepkan untuk meringankan kram karena memainkan peran penting dalam pengiriman neuromuskuler. Selain suplemen, magnesium alami bisa didapatkan pada buah Anggur dengan jumlah yang baik untuk ibu hamil.

4. Menghindari sembelit

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil sebagai pencahar yang kuat, kerena anggur adalah sumber serat yang baik. Mereka menyembuhkan masalah sembelit yang umum terjadi pada kehamilan dan mendukung sistem pencernaan.

5. Mengontrol kadar kolesterol

Anggur merah mengandung senyawa resveratrol yang membantu mengontrol kolesterol selama kehamilan. Enzim ini meningkatkan kinerja empedu, yang menjaga lemak darah tetap terkendali. Manfaat buah anggur untuk ibu hamil dengan mengonsumsi segelas jus anggur setiap hari juga dapat membantu meredakan hipertensi.

6. Membantu menghindari gigi berlubang 

Asam organik terkandung dalam anggur dapat menetralkan bakteri dalam rongga mulut. Selain itu, manfaat buah anggur untuk ibu hamil, karena kandungan tersebut juga dapat membantu pembentukan dan pemeliharaan kalsium yang dibutuhkan oleh gigi rawan selama kehamilan.

7. Melindungi jantung 

Selama kehamilan, calon ibu bisa mengalami masalah jantung. Maka konsumsilah buah anggur, karena buah ini mengandung polifenol yang dapat membantu melindungi sistem jantung.

8. Menghentikan pembekuan darah

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil karena anggur bertindak sebagai pengencer darah yang kemudian menghentikan produksi vitamin K untuk menghindari pembekuan darah atau pembekuan selama persalinan. Selain itu, minum segelas jus anggur setiap hari baik untuk wanita hamil, karena berkhasiat menghindari stres sebelum waktu persalinan.

9. Meningkatkan kadar hemoglobin 

Anggur tinggi zat besi, yang penting untuk menjaga kadar hemoglobin yang sehat. Kandungan dalam anggur ini sangat baik untuk wanita penderita anemia. Anggur merah mengandung lebih banyak zat besi daripada varietas anggur lainnya.

10. Beberapa manfaat lain 

Komponen yang ada dalam buah anggur dapat meningkatkan daya ingat, penglihatan, dan merangsang sirkulasi otak. Karena itu, spesialis merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi anggur segar dan jus anggur jika menderita kelemahan, kelelahan, gangguan saraf, dan stres.

Selain enak, menikmatinya juga mendapat manfaat buah anggur untuk ibu hamil juga kan? Dan perlu diingat! Konsumsilah buah anggur dengan tidak berlebihan.

5 Buah Lainnya yang Baik untuk Ibu Hamil

Selain buah anggur, berikut ini adalah beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil, antara lain:

1. Alpukat

Kandungan asam folat yang tinggi pada alpukat membuatnya jadi pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil. Selain itu, alpukat juga banyak mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat dan beragam zat mineral. Manfaat alpukat untuk ibu hamil dapat membantu mengatasi gejala mual atau kram yang sering dialami saat kehamilan, karena buah ini memiliki beberapa jenis mineral. Untuk janin, buah ini dipercaya penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf.

2. Apel

Serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium merupakan nutrisi andalan apel yang sangat bagus untuk ibu hamil. Sebuah penelitian menunjukkan, risiko asma dan alergi lebih rendah pada bayi dari ibu yang mengonsumsi apel secara teratur pada saat hamil.

3. Jeruk

Manfaat jeruk dapat membantu menghindari dehidrasi pada ibu hamil, kerena buah oranye ini banyak mengandung vitamin C, asam folat, serat, sekaligus sebagai asupan cairan bagi tubuh. Selain jeruk, lemon dapat menjadi pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat membantu meringankan rasa mual, sekaligus melancarkan pencernaan pada ibu hamil.

4. Pisang

Pisang kaya kandungan kalium dan dapat menjadi pasokan energi yang cepat pada ibu hamil. Pisang juga sangat tepat dikonsumsi ibu hamil yang sering merasa mual. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B-6, vitamin C dan serat.

5. Nanas

Seperti halnya anggur, nanas adalah buah yang dianggap berbahaya dikonsumsi oleh ibu hamil. Akan tetapi, hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan hal tersebut. Nanas sendiri mengandung bromelain yang pada jumlah banyak dipercaya dapat menyebabkan perdarahan namun bromelain dalam satu sajian nanas, kecil kemungkinannya menyebabkan gangguan pada kehamilan.

Manfaat nanas untuk ibu hamil dan janin dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan saat kehamilan, karena nanas banyak mengandung vitamin C, vitamin B6, asam folat, zat besi, magnesium, dan beragam nutrisi lainnya. Meski demikian, tidak dianjurkan mengonsumsi nanas secara berlebihan, terutama pada ibu hamil yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif.

Nah, itulah manfaat buah anggur untuk ibu hamil dan buah-buahan lainnya. Konsumsilah dalam porsi yang wajar ya, Teman Sehat!