DokterSehat.Com– Anda tetap perlu menjaga kebugaran saat hamil. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Jika terbiasa berolahraga angkat beban sebelum hamil, Anda mungkin bertanya-tanya, bolehkah melakukan angkat beban saat hamil?

doktersehat-olahraga-senam

Risiko angkat beban saat hamil

Dilansir dari laman Women’s Health Mag, Raul Artaal, profesor di Fakultas Kedokteran Universitas St Louis menyatakan bahwa masalah utama dari mengangkat beban selama hamil bukan terletak pada jumlah beban yang akan diangkat.

“Ketika Anda mengangkat beban berat, untuk sementara aliran darah akan dialihkan dari organ internal Anda ke otot yang digunakan, hal ini dikhawatirkan dapat menghambat masuknya nutrisi dan oksigen yang harusnya disalurkan pada bayi,” ujar Raul Artaal.

Lebih lanjut Raul menjelaskan bahwa penting bagi ibu hamil untuk berkonsultasi mengenai pilihan olahraganya pada dokter kandungan dan personal trainer untuk mengetahui manfaat dan risiko yang dihadapi saat berolah raga angkat beban.

Manfaat angkat beban saat hamil

Meskipun berisiko, namun olahraga angkat beban memiliki manfaat bagi ibu hamil. Dilansir dari laman baby center, manfaat angkat beban saat hamil antara lain:

1. Menguatkan otot pert dan punggung
Saat hamil umumnya ibu hamil merasakan nyeri punggung bawah. Angkat beban dapat memperbaiki postur tubuh dan melatih otot perut dan punggung sehingga dapat meredakan nyeri dan membantu melatih otot saat melahirkan.

2. Mengatur kadar gula dalam darah
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga angkat beban dapat membantu ibu hamil dengan diabetes gestasional untuk menjaga kadar gula dalam darah. Sementara itu penelitian lain menyebutkan bahwa olahraga angkat beban dapat mengurangi kebutuhan terapi insulin dan mengurangi risiko makrosomia, yaitu kelahiran bayi besar.

Tips angkat beban bagi ibu hamil

Bagi ibu hamil yang ingin tetap melakukan olahraga angkat beban, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Konsultasi dengan dokter dan personal trainer
Meskipun Anda sudah terbiasa melakukan olahraga angkat beban sebelum hamil, namun Anda tetap perlu berkonsultasi pada dokter dan personal trainer mengenai olahraga ini. Perubahan tubuh saat hamil dapat berpengaruh pada stamina dan kekuatan Anda.

2. Lakukan dengan cara yang tepat
Jangan mengangkat beban terlalu berat dan jangan terburu-buru. Hitung 1-3 sebelu mengangkat beban dan hitung kembali 1-3 sebelum kembali ke posisi semula. Segera berhenti jika Anda merasa nyeri atau gangguan otot lainnya.