Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Belakangan ini di media sosial sedang viral foto yang menunjukkan seorang ibu hamil berdiri di dekat pintu gerbong kereta commuter line yang sedang penuh sesak. Satu tangan sang ibu berusaha untuk meraih pegangan di atas. Sementara itu satu tangan lainnya memegangi perutnya. Terlihat jelas perut sang ibu yang sudah sangat besar ini menghalangi pintu gerbong sehingga dikhawatirkan bisa mengenai perutnya jika sampai tertutup.

Kasihan, Ibu Hamil Berdiri di Kereta yang Penuh Sesak

Foto ini pertama kali diunggah oleh akun Instagram milik @elnofian. Foto ini langsung viral di media sosial. Banyak orang bersimpati dengan ibu hamil tersebut dan mengaku sedih dengan perjuangan ibu hamil dalam menaiki kereta yang penuh sesak demi mencapai tujuannya.

Menurut Live Science, ibu hamil yang berdiri terlalu lama ternyata bisa mengalami dampak buruk tidak bisa disepelekan. Dalam sebuah penelitian, dihasilkan fakta jika ibu hamil berdiri dalam waktu yang lama di tempat kerja, maka ukuran lingkar kepala bayinya cenderung lebih kecil sekitar 1 cm dibandingkan dengan ukuran lingkar kepala rata-rata bayi yang baru lahir.

Sering berdiri dalam waktu yang lama juga membuat risiko terkena bayi terlahir prematur dan bayi yang terlahir dengan berat badan yang lebih rendah juga meningkat.

Hanya saja penelitian ini juga mengungkap fakta bahwa ibu hamil yang rajin bekerja cenderung memiliki risiko lebih sedikit terkena komplikasi kehamilan jika dibandingkan dengan ibu hamil yang menganggur. Meskipun begitu, ibu hamil memang harus berhati-hati saat melakukan berbagai aktivitas, termasuk saat berdiri, duduk, atau berjalan. Ibu hamil juga sebaiknya tidak bekerja terlalu lama karena hal ini juga mempengaruhi pertumbuhan janinnya dengan signifikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Di dalam kereta commuter line, terdapat bangku khusus yang diperuntukkan bagi ibu hamil, lansia, dan orang dengan kebutuhan khusus. Ibu hamil sebaiknya menggunakan bangku tersebut. Kita juga sebaiknya memberikan tempat duduk bagi ibu hamil saat berada di angkutan umum demi membantunya menjaga kondisi kehamilannya dengan baik.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi