Terbit: 26 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Kaiser Permanente, California, Amerika Serikat, menemukan fakta mengejutkan tentang ibu yang terkena diabetes. Jika sampai mereka kemudian hamil, maka anak yang dilahirkan akan lebih rentan terkena masalah autisme.

Ibu Terkena Diabetes, Anak Lebih Rentan Terkena Autisme

Dilansir dari Fox News, Menurut para peneliti, risiko untuk terkena autisme pada anak-anak yang terlahir dari ibu yang menderita satu dari tiga tipe diabetes yang bisa memicu komplikasi kehamilan bisa meningkat dengan signifikan. Sebagai informasi, tipe diabetes yang bisa memicu autisme ini adalah diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional atau diabetes yang hanya muncul saat hamil.

Dalam penelitian sebelumnya, risiko untuk melahirkan anak dengan masalah autisme hanya terjadi pada ibu dengan penderita diabetes tipe 2. Sementara itu, dalam penelitian yang melibatkan 419.425 anak yang terlahir pada 1995 hingga 2012 ini, disebutkan bahwa ibu dengan penderita diabetes tipe 1 belum tentu melahirkan anak dengan risiko terkena autisme yang tinggi.

Tak hanya melahirkan anak dengan risiko autisme, orang tua dengan masalah diabetes juga memiliki risiko besar untuk menurunkan penyakit yang berbahaya ini kepada anak-anaknya. Padahal, sebagaimana kita ketahui, diabetes bisa memicu datangnya penyakit berbahaya lainnya yang berpotensi mematikan.

Melihat adanya fakta ini, setiap orang memang sebaiknya mencegah datangnya diabetes  sejak usia muda karena bisa memberikan dampak buruk bagi dirinya sendiri dan juga bagi keturunannya. Caranya adalah dengan menjaga gaya hidup sehat seperti selalu menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang, rajin berolahraga, tidur cukup setiap hari, dan tidak berlebihan mengonsumsi makanan dan minuman manis.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi