Terbit: 4 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Diabetes adalah penyakit yang timbul akibat tingginya kadar gula dalam darah. Penyakit ini biasanya ditemukan pada orang tua meski anak-anak pun masih memiliki risiko besar terkena diabetes baik itu tipe 1 atau tipe 2.

Waspadai Gejala Diabetes pada Anak-Anak

Untuk lebih mewaspadai munculnya diabetes pada anak-anak, coba simak ulasan terkait jenis diabetes dan tanda-tandanya di bawah ini.

Jenis diabetes yang menimpa anak
Jenis diabetes yang kerap terjadi pada anak-anak adalah tipe 1. Tubuh anak biasanya tidak memiliki kemampuan memproduksi insulin secara langsung. Dampaknya, gula yang ada di dalam tubuh jadi sulit menyebar dan terjadi penumpukan yang signifikan.

Sementara itu, diabetes tipe 2 jarang ditemui pada anak meski risiko terkena penyakit ini masih besar. Diabetes tipe 2 ini terjadi kalau insulin yang dihasilkan oleh tubuh tidak dapat bekerja dengan maksimal. Dampaknya, tubuh mengalami penumpukan gula dan dampaknya sangat berbahaya.

Tanda-tanda diabetes pada anak
Secara umum, gejala diabetes tipe 1 dan 2 pada anak adalah sama. Anak akan merasakan rasa haus yang berlebih, buang air kecil lebih sering, dan mudah lelah meski tidak melakukan aktivitas berat. Beberapa anak yang terkena diabetes juga kerap lapar dan penglihatannya kabur meski matanya tidak minus.

Gejala diabetes tipe 1 biasanya muncul cepat dan bisa dilihat dari penurunan berat badan yang drastis. Sementara itu diabetes tipe 2 gejalanya akan muncul lamban dan biasanya membutuhkan hitungan bulan atau tahun untuk mendeteksinya dengan lebih akurat.

Agar diabetes pada anak mudah dideteksi, orang tua disarankan untuk lebih sadar pada kondisi fisik anak. Kalau ada perubahan yang signifikan, disarankan untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter. Diabetes  adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikontrol atau dikendalikan agar tidak memberi dampak buruk pada tubuh.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi