Terbit: 23 January 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Menjemur bayi memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan bayi. Selain membantu proses pembentukan tulang, sinar matahari juga dapat membantu daya tahan tubuh. Namun ternyata tidak semua orang tua tau bagaimana cara menjemur bayi dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjemurbayi agar mendapat manfaat maksimal dari sinar matahari.

Ternyata Menjemur Bayi Tak Bisa Sembarangan

Untuk menjemur bayi, pastikan Anda tahu kapan saat yang aman untuk berada di bawah sinar matahari. Jangan lupa, meskipun sinar matahari sangat bermanfaat, namun sinar matahari juga memiliki efek negatif.

Sinar matahari pagi pada pukul 10 pagi hingga 4 sore memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Jika Anda ingin menjemur bayi, sebaiknya lakukan sebelum pukul 10 pagi, saat sinar matahari memiliki kadar ultra violet yang pas. Menjemur bayi pun tidak perlu terlalu lama, cukup 10-30 menit. Bagi bayi yang berusia kurang dari enam bulan, sebaiknya jangan terlalu lama terpapar sinar matahari.

Bagi orang tua dengan bayi yang memiliki riwayat kanker kulit, berkulit putih atau memiliki bintik cokelat pada wajah juga perlu perlakuakn khusus. Oleskan tabir surya saat terpapar sinar matahari dan berikan pada bagian yang terpapar saja. Ulangi pemakaian tabir surya setiap dua jam sekali atau ketika terkena keringat. Sedangkan untuk bayi prematur, sebaiknya pemakaian tabir surya pada dibatasi. Saat menjemur pun bayi sebaiknya tidak telanjang, namun menggunakan pakaian dan topi untuk melindungi kulit.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi