Terbit: 28 Januari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah aman berhubungan seks selama kehamilan? Banyak wanita tidak yakin tentang tindakan fisik seks selama kehamilan. Setiap trimester bisa menimbulkan pertanyaan dan masalah baru.

Tips Seks Aman Selama Kehamilan di Trimester Pertama hingga Ketiga

Trimester pertama
Gejala trimester pertama, seperti morning sickness, kelelahan dan pembengkakan payudara mungkin tidak membuat Anda merasa seksi atau mood.

Dr. Sheryl Ross mengatakan bahwa ini normal untuk seks agar tidak menjadi prioritas yang sangat tinggi bagi wanita hamil di trimester pertama mereka. Anda masih bisa berhubungan intim dengan pasangan dengan lebih banyak memeluk dan berciuman, bukan melakukan hubungan seksual.

Ross juga mengatakan bahwa Anda mengenal tubuh Anda dengan baik, jadi dengarkan isyarat tubuh Anda dan yang terpenting komunikasikan dengan baik bersama pasangan Anda.

Trimester kedua
Selama trimester kedua, morning sickness mungkin hilang, dan Anda mungkin mulai merasa lebih energik. Banyak wanita melaporkan bahwa mereka merasakan yang terbaik selama trimester kedua. Menurut Ross, hormon wanita bergerak ke arah positif, dan secara emosional dan fisik, wanita merasa jauh lebih baik, jadi hubungan intim lebih menyenangkan.

Trimester Ketiga
Pada trimester ketiga, Ross mengatakan keintiman mungkin berarti ditahan dan dirawat, bukan tindakan seks secara fisik. Pada titik ini, wanita membawa lebih banyak beban dan bisa merasakan efek tumbuh kehidupan lain di dalam tubuh mereka. Adalah normal untuk merasakan lebih banyak kesadaran tubuh dan khawatir dengan kenaikan berat badan Anda.

“Jika Anda dan pasangan memilih untuk melakukan hubungan seks, selalu penting untuk mengetahui posisi mana yang paling nyaman,” Ross menyarankan.

Sekali lagi, penting untuk jujur ??satu sama lain dan memiliki komunikasi yang sehat tentang keinginan emosional dan fisik Anda.

Sedangkan untuk seks yang menyebabkan kelahiran prematur, Ross mengatakan, aman untuk melakukan hubungan intim selama Anda tidak mengalami komplikasi terkait kehamilan. Seharusnya Anda tidak melakukan persalinan prematur kecuali Anda memiliki beberapa faktor risiko yang mendasarinya.

Jika Anda khawatir atau memiliki pertanyaan, jangan takut menghubungi dokter Anda. Yang terpenting, bersikap baik satu sama lain dan bersikap jujur ??tentang kebutuhan dan keinginan Anda. Jika Anda tidak berhubungan seks selama kehamilan, ada banyak cara lain untuk menjalin hubungan intim dengan pasangan Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi