Terbit: 7 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Salah satu masalah yang dihadapi ibu setelah hamil dan melahirkan adalah masalah berat badan. Banyak ibu yang tak sabar ingin segera menurunkan berat badan ke angka semula, namun masih terhalang berbagai kesibukan sebagai ibu baru. Dilansir dari fitpregnancy, berikut ini adalah tips mudah menurunkan berat badan setelah melahirkan yang bsia Anda coba di rumah:

Tips Mudah Kembali Langsing Setelah Melahirkan

Menyusui
Menyusui bukan hanya bermanfaat bagi si kecil, tetapi juga membantu Anda menurunkan berat badan. Saat menyusui ibu membakar kalori berlebih sekitar 600-800 kalori per hari. Berat badan ibu yang menyusui kemungkinan akan lebih cepat turun dibanding ibu yang memberikan susu formula pada bayinya.

Banyak bergerak

Beberapa ibu baru mungkin mengalami kurang tidur dan belum siap untuk berolahraga lagi. Menurut Renee M. Jeffreys, M.S., seorang ahli fisiologi, tubuh perempuan baru siap unuk berolahraga lagi setelah 6 minggu pascamelahirkan dan bisa lebih lama lagi bagi yang mengalami persalinan caesar.

Namun jika ibu ingin mulai menurunkan berat badan, bisa dimulai dari olahraga ringan seperti berjalan kaki di sekitar rumah, naik turun tangga, atau jalan kaki sambil mendorong stroller selama 30 menit. Beberapa kegiatan ini mampu membakar kalori hingga 150 kalori.

Angkat beban
Ketika badan Anda siap untuk berolahraga, angkat beban bisa jadi pilihan untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Tak perlu pergi ke gym, Anda bisa membeli dumbbells dan berolahraga sendiri di rumah. Jika ragu dengan latihan yang Anda lakukan, sewa personal trainer untuk latihan di rumah sehingga Anda tetap punya waktu untuk merawat bayi Anda.

Makanan sehat
Ibu menyusui memang butuh asupan makanan bergizi untuk produksi ASI, namun hal ini jangan dijadikan alasan untuk makan sembarangan. Pilih makanan sehat seperti sayuran segar, susu rendah lemak dan makanan berprotein tinggi seperti biji-bijian, sereal gandum dan salad dengan telur atau ayam untuk makanan sehari-hari.

Begitu juga dengan camilan, hindari camilan yang mengandung banyak gula dan pilih makanan berserat tinggi yang membantu pencernaan.

Tidur siang
Siapa sangka tidur siang bisa membantu Anda menurunkan berat badan? Hal ini bisa terjadi asalkan saat makan siang Anda tidak makan terlalu banyak gula yang akan disimpan sebagai lemak. Tidur siang selain baik untuk memulihkan energi Anda, juga dapat menghindarkan Anda dari keinginan untuk makan makanan berkalori tinggi.

Tidur siang juga bermanfaat untuk mengembalikan siklus tidur Anda yang berubah karena harus terbangun saat menyusui tengah malam.

Yang perlu Anda ingat, menurunkan berat badan membutuhkan pascamelahirkan membutuhkan waktu yang lama. Jangan mudah menyerah jika angka timbangan belum bergeser ke angka yang Anda inginkan dan jangan terlalu memaksakan diri untuk mendapat hasil yang instan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi