Terbit: 30 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memasuki trimester akhir kehamilan, kini saatnya Anda mempersiapkan kelahiran buah hati. Baik persalinan normal maupun caesar membutuhkan persiapan fisik dan mental yang baik dari orang tua. Banyak orangtua yang menganggap persalinan normal adalah proses yang alami sehingga tidak melakukan persiapan khusus. Padahal jika dipersiapkan dengan baik, proses persalinan akan menjadi lebih mudah.

Tips Mempersiapkan Persalinan Normal

Beberapa persiapan persalinan normal yang bisa dilakukan oleh orang tua antara lain:

1. Memahami proses persalinan
Bersama suami, Anda bisa melakukan riset mengenai bagaimana proses persalinan terjadi dan apa saja risiko yang mungkin terjadi. Hal ini membantu Anda dan pasangan untuk lebih tenang dan siap menghadapi persalinan, apalagi jika ini adalah proses persalinan Anda.

2. Mengikuti kursus pra-melahirkan
Saat ini banyak lembaga atau rumah sakit yang mengadakan kursus pra-melahirkan bagi calon orang tua untuk mempersiapkan kelahiran bayi. Materi yang diberikan dalam kursus ini biasanya selain seputar persalinan, juga tentang perawatan ibu dan bayi setelah persalinan. Bagi orang tua yang menyambut kelahiran anak pertama, hal ini tentunya sangat bermanfaat.

3. Mengikuti senam hamil
Senam hamil memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan bayi yang berada di dalam kandungan. Selain otot-otot ibu hamil menjadi lebih lentur, peredaran darah ibu juga menjadi lebih lancar sehingga baik bagi perkembangan janin. Senam hamil diharapkan dapat membantu ibu untuk bernapas dengan baik saat melahirkan dan mengedukasi ibu cara mengejan yang baik.

4. Menjaga berat badan
Selama hamil, ibu memang memerlukan nutrisi makanan sehat yang dapat membantu kesehatan tubuh ibu dan bayi. Namun ibu juga perlu menjaga berat badan agar tidak naik berlebihan karena akan menghambat proses persalinan normal. Berat badan berlebihan juga dapat meningkatkan risiko bayi terlahir dengan diabetes.

5. Dapatkan dukungan dari keluarga dan tenaga medis
Dukungan dari suami, keluarga maupun bidan dan dokter yang akan membantu persalinan Anda akan berperan penting dalam menjaga kondisi psikis Anda saat persalinan. Karena itu sebaiknya Anda komunikasikan keinginan Anda untuk dapat melahirkan normal pada dokter dan tenaga medis yang akan membantu persalinan Anda untuk menjaga komunikasi yang baik dan memberi suntikan semangat bagi diri Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi